Ini Riwayat Pasien 06 Covid-19 Lampung Selatan
Agus Pamintaher
Jumat | 01/05/2020 20.22 WIB
Ini Riwayat Pasien 06 Covid-19 Lampung Selatan
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Kalbi Rikardo

RILIS.ID, Lampung Selatan – Seorang warga Jatiagung, Lampung Selatan (Lamsel), dinyatakan terinfeksi virus corona, Jumat (1/5/2020). Dengan demikian, Lamsel kini memiliki enam kasus Covid-19.

Pasien 06 di Lamsel dan pasien ke-50 di Lampung itu dirawat di salah satu rumah sakit (RS) swasta di Bandarlampung. Ia sebelumnya merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) dan sempat berobat di RS swasta di Lampung Selatan selama sepekan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lamsel Jimmy Banggas Hutapea mengatakan pasien pria 63 tahun itu tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19.

"Ia pernah jatuh pada bulan Januari hingga tidak bisa berjalan. Sempat terapi di rumah. Pulang dari RS, pasien 06 kembali menjalani terapi di rumah,” katanya, Jumat (1/5/2020).

Pada 22 April, lanjut Jimmy, kondisi pasien tersebut makin memburuk dengan keluhan demam dan batuk. Ia kembali dirujuk ke salah satu RS swasta di Bandarlampung.

“Oleh RS swasta tersebut, pasien ditetapkan sebagai PDP dan diambil swabnya pada tanggal 24 April 2020. Sepekan kemudian, hasil swab positif dan hingga sekarang masih dirawat di RS tersebut,” ujarnya.

Tim Tracing Dinas Kesehatan Lamsel akan melakukan penelusuran terhadap riwayat pasien 06. Termasuk melacak orang-orang yang kontak erat dengan warga Jatiagung tersebut.

"Untuk mengetahui sumber penularan, kita akan melakukan tracing ke wilayah tersebut,” pungkas Jimmy.

Sementara pasien 01 Lamsel sudah dinyatakan sembuh dan menjalani isolasi mandiri di rumah untuk tahap pemulihan kesehatan. Sedangkan, pasien 02, 03, 04 dan 05 masih dirawat di RSUD Bob Bazar, Kalianda.

Lamsel sendiri memiliki 14 PDP, 407 orang dalam pemantuan (ODP), 29 orang tanpa gejala atau OTG. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID