Ini Strategi Lampung Antisipasi Gelombang Kedua Virus Corona
Segan Simanjuntak
Rabu | 08/07/2020 19.26 WIB
Ini Strategi Lampung Antisipasi Gelombang Kedua Virus Corona
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Kalbi Rikardo

RILIS.ID, Bandarlampung – Sejumlah daerah di Indonesia masuk dalam kategori bahaya gelombang kedua virus corona (Covid-19). Salah satunya adalah Provinsi Lampung.

Baca: 202 Kasus, Angka Kesembuhan Covid-19 di Lampung 78,8 Persen

Berbagai strategi telah disiapkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung untuk mengantisipasi serangan virus corona gelombang kedua.

“Ya mudah-mudahan tidak terjadi di Provinsi Lampung. Namun, kita harus menyiapkan strategi,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana dalam video conference, Rabu (8/7/2020).

Strategi pertama, lanjut Reihana, adalah peningkatan kapasitas untuk mendeteksi penyebaran Covid-19, yaitu dengan melakukan perluasan kontak dan tracing (penelusuran).

“Kedua, kita harus meningkatkan untuk mencegah dengan memperkuat protokol kesehatan dan melakukan pengawasan ketat di pintu-pintu masuk,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung ini.

Terakhir, meningkatkan kapasitas petugas survelians untuk merespons penyebaran kasus Covid-19.

“Dan meningkatkan kapasitas fasilitas kesehatan kita,” ucap Reihana.

Sejak 14 Mei sampai 8 Juli, mesin polymerase chain reaction (PCR) di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Lampung telah memeriksa 2.773 swab.

Dari total swab yang diperiksa di Labkesda, sebanyak 184 orang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

“Pada 7 Juli, 23 swab diperiksa dengan hasil satu orang dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19,” pungkas Reihana. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)

 





2019 | WWW.RILIS.ID