Iuran BPJS Macet Rp2,3 M, 10 Buruh Tak Dapat Santunan Kematian
lampung@rilis.id
Jumat | 15/03/2019 13.42 WIB
Iuran BPJS Macet Rp2,3 M, 10 Buruh Tak Dapat Santunan Kematian
Senator Lampung Andi Surya (kanan) saat memimpin RDP di DPD RI, Kamis (14/3/2019). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Jakarta – Berbagai masalah Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang terungkap di rapat dengar pendapat (RDP) di DPD RI, Kamis (14/3/2019).

Misalnya, tunggakan BPJS Ketenagakerjaan Rp2,3 miliar, yang berimbas macetnya santunan kematian untuk buruh Pelabuhan Panjang.

Perwakilan Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang, Edward Suhendra, mengakui hal itu. Iuran BPJS tersebut belum dibayar sejak Desember 2017.

Padahal, menurut Ketua Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat (APBMI) Pelabuhan Panjang, HS Tanjung, mereka secara tertib telah menyetorkan dana itu ke koperasi.

”Bukan hanya untuk BPJS. Tetapi semua beban upah buruh sudah kami serahkan secara terjadwal," tandasnya.

Atas dasar ini, Kepala BPJS Lampung Heru Subroto menduga ada indikasi kriminal dalam masalah tersebut. Sebab, dana BPJS sudah disetor APBMI namun tidak diserahkan kepada BPJS.

”Karenanya kami imbau koperasi segera membayar BPJS agar kami dapat memberi santunan kepada ahli waris buruh yang wafat," ujarnya.

Senator Lampung, Andi Surya, yang memimpin RDP menambahkan, berdasar laporan forum buruh dan BPJS Lampung, terdapat 10 buruh yang meninggal dan keluarganya tak mendapat santunan.

”Satu di antaranya meninggal karena kecelakaan kerja,” ungkap Andi Surya dalam siaran pers yang diterima rilislampung.id.

Ketua Forum Buruh, Agus, menyatakan pihaknya berencana melaporkan masalah tunggakan BPJS kepada Polda Lampung.

”Kami bersama pengacara buruh sudah menyusun laporan pengaduan kepada Polda Lampung," tandasnya.

RDP itu sendiri dihadiri kementerian terkait, Koperasi UMKM, Ketenagakerjaan dan Perhubungan, dan dihadiri perwakilan Bareskrim, Dirkrimsus Polda Lampung, Dinas Koperasi Kota Bandarlampung, dan anggota DPD RI. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID