Jaga Suara Rakyat di Pemilu 2019, PDIP Lakukan 3 Langkah Ini - RILIS.ID
Jaga Suara Rakyat di Pemilu 2019, PDIP Lakukan 3 Langkah Ini
lampung@rilis.id
Selasa | 16/04/2019 16.27 WIB
Jaga Suara Rakyat di Pemilu 2019, PDIP Lakukan 3 Langkah Ini
Asroru Maula (berkacamata hitam) bersama masyarakat petani di Kabupaten Tulangbawang Barat. FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Bandarlampung – PDI Perjuangan (PDIP) Lampung melakukan tiga langkah untuk mewujudkan hasil Pemilu 17 April 2019 yang sesuai dengan kehendak masyarakat.

Koordinator Pemenangan Daerah Pemilihan 2 Lampung DPP PDIP, Asroru Maula mengatakan langkah-langkah yang dilakukan PDIP untuk menjaga maruah demokrasi dalam Pemilu yang pertama adalah mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS).

“Partisipasi masyarakat dalam Pemilu sangat penting. Karena melalui Pemilu, masyarakat berpartisipasi aktif untuk menentukan masa depan bangsa. Karena itu kami mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Jangan ragu-ragu karena hak pilih masyarakat dijamin dalam undang-undang,” kata Asroru dalam keterangan tertulisnya yang diterima Rilislampung.id, Selasa (16/4/2019).

Langkah selanjutnya, menurut Asroru, adalah dengan menempatkan saksi-saksi untuk menjaga dan mengamankan hasil pilihan masyarakat dalam bilik suara di TPS.

“Pilihan rakyat itu adalah hak untuk menentukan masa depan bangsa dan negara Indonesia. PDI Perjuangan punya komitmen untuk menjaga suara rakyat ini melalui saksi-saksi yang ditunjuk dan ditempatkan di TPS-TPS,” tuturnya.

Langkah ketiga, menurut Asroru adalah meminta kader-kader PDI Perjuangan yang maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) untuk menghormati pilihan masyarakat dalam bilik suara di TPS dan menghargai perolehan suara masing-masing caleg.

“Persaingan antar caleg  terjadi sangat ketat. Ribuan caleg bersaing untuk mendapatkan amanah dan kepercayaan masyarakat. Seluruh caleg  tidak boleh melakukan tindakan curang yang mencederai demokrasi dan menafikan pilihan masyarakat,” jelasnya.

Lebih jauh Asroru mengatakan bagi seluruh caleg PDI Perjuangan, Pemilu ini bukan soal kalah atau menang.

“Tetapi bagaimana membawa PDI Perjuangan sebagai partai yang mengedepankan kepentingan dan aspirasi politik masyarakat. Karena itu jaga hasil pilihan rakyat secara jujur dan adil,” kata dia.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Badan Saksi dan Pemenangan Nasional (BSPN) Provinsi Lampung Abdulah Sani mengatakan PDIP Lampug telah menempatkan saksi-saksi secara berjenjang, mulai dari TPS, PPK, KPU kabupaten/kota, KPU provinsi hingga KPU RI.

Selain saksi, BSPN Provinsi Lampung menurut Abdulah Sani juga telah menyiapkan perangkat dan jaringan komunikasi.

“Perangkat ini untuk mengantisipasi kecurangan-kecurangan yang mungkin terjadi. Kita tidak ingin pilihan masyarakat dicederai oleh kecurangan-kecurangan,” kata Sani. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID