Jalan dari Bandarlampung ke Pantai Rusak Cukup Parah

Minggu | 23/06/2019 18.45 WIB
Jalan dari Bandarlampung ke Pantai Rusak Cukup Parah
Kerusakan jalan penghubung Bandarlampung- Pesawaran. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Bayumi Adinata

RILIS.ID, Bandarlampung – Sejumlah ruas jalan penghubung Bandarlampung ke Kabupaten Pesawaran, butuh perbaikan. Salah satu titiknya, wilayah Lempasing, Padangcermin yang mengalami kerusakan cukup parah. 

Padahal, jalan tersebut merupakan akses utama menuju berbagai destinasi wisata. 

Dari pantauan rilislampung.id jalan yang rusak parah tersebut terdapat di beberapa titik di sepanjang ruas jalan Lempasing Padangcermin, dan termasuk di depan Mako Brigif 4/Mar. Padangcermin.

Darmawan, warga Hanura Padangcermin, Kecamatan Telukpandan, Pesawaran mengeluhkan kerusakan ruas jalan Lempasing itu. 

Persisnya di wilayah Lempasing sampai ke Desa Batu Menyan dan Desa Gebang yang merupakan akses wisata menuju Pantai Sari Ringgung, Pantai Mutun, Pantai Pahawang, dan Pantai Klara hingga saat ini belum diperbaiki. 

"Apalagi pada musim libur lebaran kemarin, kemacetan terjadi akibat jalan yang rusak. Nah, ini sudah memasuki libur anak sekolah, pastinya banyak warga yang berlibur ke pantai," kata dia saat ditemui rilislampung.id, Minggu (23/6/2019).

Senada disampaikan Ujang, warga Natar, Lampung Selatan yang saat itu ingin berlibur ke Pantai Klara. Ia merasa kaget jalan menuju pantai banyak yang rusak. 

"Ssepanjang jalan disini banyak yang rusak, terpaksa kami melintas dengan hati-hati, " kata dia.

Menanggapi kondisi jalan yang rusak itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang PUPR Lampung, Mulyadi Irsan mengatakan bahwa ruas jalan tersebut sudah diusulkan untuk jadi jalan nasional.

Karena selain pariwisata jalan itu juga merupakan pusat pertahanan nasional dan juga ditetapkan oleh pusat jadi kawasan industri maritim nasional.

"Tapi sambil berproses, kita juga melakukan penanganan pembangunan dan pemeliharaan jalan," ujarnya.

Lanjut dia, pihaknya terus berencana memperbaiki secara bertahap dan juga akan dilebarkan (peningkatan kapasitas jalan), khususnya ruas Lempasing Padangcermin. 

"Sebab lalulintasnya semakin tahun semakin meningkat,"  terangnya.

Kabid Perencanaan PUPR Lampung, Taufiqullah menambahkan ruas LempasingPadangcermin maupun ruas Padangcermin-Telukkiluan ada penanganan pembangunan dan rehab.

"Saat ini sepertinya masih tender. Nanti saya koordinasi dulu ke Kabid pembangunan jalan dan jembatan, pakah sudah ada pemenang atau masih ptoses di ULP," tutur dia.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID