Jalan di Dusun Subing Halus, Ekonomi pun Mulus
lampung@rilis.id
Minggu | 27/09/2020 20.10 WIB
Jalan di Dusun Subing Halus, Ekonomi pun Mulus
Jalan hotmix 5.400 meter di Dusun Subing Putra III, Desa Rajabasa Lama, Kecamatan Labuhanratu. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Nurman

RILIS.ID, Lampung Timur – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur merealisasikan pembangunan jalan hotmix sepanjang 5.400 meter di Dusun Subing Putra III, Desa Rajabasa Lama, Kecamatan Labuhanratu.

Supri, tokoh masyarakat di Dusun Putra Subing III, mengatakan jalan membentang di empat dusun. Yakni Dusun Subing Putra III, Subing Puspa Barat, Subingjaya, dan  Mega Kencana. 

Menurutnya, penikmat infrastruktur tersebut bukan hanya warga Desa Rajabasa Lama saja. Melainkan juga desa tetangga, yakni Desa Labuhanratu IX dan Labuhanratu V.

Dia menjelaskan, jalan yang baru saja dibangun ini merupakan alternatif menuju berbagai objek lokasi pelayanan masyarakat. 

“Seperti pasar, sekolahan, kantor kecamatan, dan menuju kantor Pemkab Lampung Timur. Sebelumnya jalannya ber gelombang dan seperti kubangan lumpur jika musim hujan," kata Supri, Ahad (27/9/2020).

Dia mengatakan, secara ekonomi jalan sangat membantu petani saat mengeluarkan hasil panen. Seperti singkong, karet, dan palawija lainnya. 

Pedagang keliling juga merasakan. Bahkan ekspedisi gula merah dari desa tetangga banyak yang memanfaatkan jalan tersebut.

"Harga tanah pasti akan naik jika kondisi infrastruktur jalan semakin bagus,” ucapnya.

Sementara itu, Sarwo, salah seorang petani yang melintas dengan menggunakan gerobak sapi, mengaku beban sapi saat menarik beban tidak begitu berat karena kondisi jalan sudah halus dan datar. 

“Ini kan lintasan saya setiap hari ke sawah jadi sangat bermanfaat jalan yang telah dibangun pemerintah ini,” singkatnya. (*) 

??Laporan: Nurman

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID