Jempol! RSUDAM Gratiskan Mobil Jenazah Untuk Pasien Kelas Tiga

Rabu | 07/02/2018 22.37 WIB
Jempol! RSUDAM Gratiskan Mobil Jenazah Untuk Pasien Kelas Tiga
Mobil jenazah dan ambulans milik RSUD Abdul Moeloek. FOTO: HUMAS RSUDAM for RILIS ID

RILIS.ID, – BANDARLAMPUNG - Pihak RSUD Abdul Moeloek (RSUDAM) berbenah. Sempat muncul insiden pelarangan ambulans gratis dari luar masuk rumah sakit itu, mereka kini menggratiskan pengunaan mobil jenazah untuk pasien kelas tiga.

Kasubag Humas RSUDAM Akhmad Sapri menjelaskan, mereka yang memerlukan jasa ambulans atau mobil jenazah dapat mendatangi pool ambulans.

”Kita juga tidak melarang jika ingin mengunakan kendaraan dari luar rumah sakit. Prosedurnya petugas Instalasi Forensik dan Kamar Jenazah (IFKJ) membuatkan surat pernyataan yang ditandatangani pihak keluarga dan diketahui kepala ruang IKFJ,” paparnya kepada rilis.id, Rabu (7/2/2018).

Setelah proses administrasi selesai, petugas mobil jenazah atau ambulans mengisi buku harian dan membuat surat jalan yang diketahui Kepala pool ambulans atau koordinator piket saat itu.

RSUDAM saat ini mempunyai empat unit ambulans dan lima mobil jenazah. Satu dari empat unit ambulans dipergunakan khusus flu burung yang dilengkapi ventilator dan peralatan emergensi lainnya. Yang lain merupakan ambulans transportasi.

Pada tahun 2018 akan ada penambahan lima unit kendaran terdiri dari tiga unit ambulans dan dua unit mobil jenazah melalui pengadaan dana subsidi Pemprov Lampung. ”Juga dari dana pendampingan operasional mobil jenazah gratis untuk pasien tidak mampu dan dirawat di kelas 3,” ungkapnya.

Sekretaris Komisi V DPRD Lampung, Elly Wahyuni menambahkan, penyediaan ambulans gratis untuk RSUDAM merupakan usulan dari rekan kerja Komisi V menyikapi keluhan masyarakat mengenai susahnya mencari ambulans.

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Lampung itu membenarkan ada tiga unit ambulans yang dianggarkan untuk ambulans gratis dan masuk dalam APBD murni 2018. ”Untuk anggarannya saya tidak hapal,” tutupnya. (*)

Editor Gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID