Jeritan PNS Pemkot Bandarlampung: "Pak Wali, Mana THR Kami?" - RILIS.ID
Jeritan PNS Pemkot Bandarlampung: "Pak Wali, Mana THR Kami?"
PENULIS: Wirahadikusumah, Gueade
Rabu | 20/05/2020 15.45 WIB
Jeritan PNS Pemkot Bandarlampung:
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Kalbi Rikardo

RILIS.ID, BANDARLAMPUNG – Aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Bandarlampung ”menjerit”.  Penyebabnya, tunjangan hari raya (THR) mereka hingga Selasa (19/5/2020) tak kunjung cair. Sementara, ASN pada pemerintah daerah (pemda) lainnya di Lampung sudah mendapatkan tunjangan yang dibayarkan setahun sekali itu.

”Entahlah, kenapa tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kenapa kok THR kami belum dibayar?” keluh salah satu PNS guru salah satu SD Negeri di Bandarlampung kepada Rilislampung.id, Selasa (19/5/2020).

Menurut dia, tidak hanya guru yang belum mendapatkan THR, seluruh PNS di Pemkot Bandarlampung juga belum menerima.

”Tanyakan saja sama PNS di Pemkot Bandarlampung, belum ada satupun yang dapat THR. Bingung saya juga. Biasanya Pemkot Bandarlampung ini paling pertama cair THR-nya. Kok ini keduluan PNS di pemkab dan pemkot lain di luar Bandarlampung,” kata wanita berjilbab ini yang meminta namanya tidak disebutkan.

Karenanya, dia berharap, Wali Kota Herman H.N. segera mencairkan THR PNS. Termasuk guru yang berstatus PNS.

”Tolong lah Pak Wali, kami berharap sekali THR itu dibayarkan. Ini kan mau Lebaran. Banyak kebutuhan, apalagi di musim wabah Corona ini,” ucapnya.

Senada disampaikan ASN pada salah satu dinas di Pemkot Bandarlampung. Menurut dia, tidak hanya THR yang belum cair, sebelumnya tunjangan kinerja (Tukin) pun sempat macet dibayarkan.

”Sejak Maret, baru hari ini (Selasa) sampai besok (Rabu,20/5/2020), tukin baru dibayarkan. Bingung saya juga kenapa jadi begini keuangan Pemkot Bandarlampung,” kata pria yang juga enggan namanya disebutkan tersebut.

Kebingungannya semakin menjadi lantaran THR PNS juga tak kunjung cair. Padahal, terus dia, dana THR itu teranggarkan dari APBN, bukan dari APBD Pemkot Bandarlampung.

”Setahu saya memang dana THR itu dari pemerintah pusat. Kenapa jadi tidak dibayar sama pemkot. Sementara, pensiunan PNS pemkot, informasinya sudah pada cair THR-nya,” terangnya.

Dia menduga, para pensiunan PNS Pemkot Bandarlampung telah mendapatkan THR lantaran dananya langsung ditransfer ke rekening masing-masing.

”Kalau PNS aktif kan, dananya bisa jadi mampir dulu ke rekening pemkot. Tetapi, kenapa kok tidak dibayarkan oleh pemkot,” keluhnya.

Karenanya, ia berharap, pemkot juga segera membayarkan THR untuk PNS. Terlebih, dana itu memang sudah dianggarkan oleh pemerintah pusat melalui APBN.

”Kami sangat perlu THR itu, banyak kebutuhan menjelang hari raya Idul Fitri ini. Tolonglah Pak Wali, bayar juga THR kami,” pungkasnya.(*)

 

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID