Juara Nasional Pop Religi, Siswi Smanda Ini juga Raih Beasiswa ke Jepang - RILIS.ID
Juara Nasional Pop Religi, Siswi Smanda Ini juga Raih Beasiswa ke Jepang
lampung@rilis.id
Jumat | 06/12/2019 09.03 WIB
Juara Nasional Pop Religi, Siswi Smanda Ini juga Raih Beasiswa ke Jepang
Penampilan Atu Balqis di Pemilihan Duta Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) tingkat nasional XXIV di Kota Ambon, Maluku. FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Bandarlampung – Provinsi Lampung menoreh prestasi pada ajang Pemilihan Duta Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) tingkat nasional XXIV.

Even akbar itu digelar 24-30 November 2019 di Kota Ambon, Maluku, yang baru saja mendapat predikat UNESCO, sebagai kota musik dunia.

Adalah Balqis Vania Gitta (15), pelajar kelas X IPS-1 SMAN 2 (Smanda) Bandarlampung, yang menorehkan prestasi bergengsi tersebut.

Atu Balqis –sapaan akrabnya, menjadi utusan Lampung di dua cabang tangkai lomba bernyanyi. Yakni Pop Religi dan Bintang Vocalis Gambus.

Balqis sukses menembus babak final enam besar di kedua tangkai lomba yang diikuti 32 provinsi seluruh Indonesia.

Tidak hanya ke final, dara berparas manis dengan pembawaan lembut itu berhasil memboyong dua piala yang dipersembahkan bagi Lampung.

Ia menjadi juara pertama lomba lagu Pop Religi tingkat nasional dengan menyisihkan finalis kuat lainnya dari Kota Ambon yang menempati podium kedua.

Bungsu dari dua bersaudara buah hati pasangan Gunawan Pharrikesit dan Eka Yuni Harti ini, membawakan lagu berjudul ”Dealova” versi Once, ciptaan Opick.

Suara merdu dengan karakter vokal yang kuat, serta teknik pernapasan dan bernyanyi luar biasa, membuat sembilan dewan juri tak ragu.

Mereka kemudian memutuskan adik Alfpinka Mutia Rahmanita S Comp, Muli Duta Museum Lampung 2019 ini, sebagai juara pertama.

"Keberhasilan ini tidak terlepas dari bimbingan Umi Riana Sari Arinal, sebagai ketua umum DPW LASQI Lampung,” kata Balqis kepada rilislampung.id, Jumat (6/12/2019).

Dia juga menyebut peran Bunda Ratna Dewi sebagai Ketua Harian DPW LASQI Lampung dan serta Ibu Putri, Ketua DPD LASQI Lampung Timur.

”Ketiga nama ini antara lain yang telah memberikan kesempatan kepada saya sehingga menjadi duta untuk berlomba di Kota Ambon," ungkap Balqis, yang bercita-cita menjadi praktisi hukum seperti papanya.

Prestasi Akademik
Tidak hanya berprestasi di bidang non-akademik, pelajar multi talenta yang juga juara pertama Bintang Radio Provinsi Lampung 2019 ini, memilki prestasi luar biasa di bidang akademik.

Kepala SMAN 2 Bandarlampung, Jumad Darjo, tempat Atu Balqis menimba ilmu, sangat mengapresiasi capaian yang telah diraih siswanya tersebut.

Menurutnya, Balqis telah menjadi pelajar yang menginspirasi siswa dan anak muda lainnya. Ia membawa dampak positif selain bagi siswa SMAN 2 Bandarlampung, juga seluruh pelajar di Provinsi Lampung.

"Balqis Vania Gitta, masuk melalui jalur prestasi pada pertengahan tahun 2019 lalu. Dia berasal dari SMPN 1 Bandarlampung,” paparnya.

”Balqis adalah pelajar yang pernah menjadi juara tingkat nasional di bidang bernyanyi dan membaca puisi,” sambungnya.

Katanya, Balqis masuk melalui jalur prestasi dengan nilai yang baik dan tergolong siswi cerdas. Karena itu, pihak sekolah terus melakukan pembinaan dan memberi kesempatan beraktivitas di luar jalur non-akademik dan akademik. Ini dalam rangka mengembangkan minat dan bakat sesuai kemampuan anak didik.

"Baru beberapa bulan menjadi siswi SMAN 2, Balqis sudah meraih prestasi sebagai juara bintang radio dan mewakili Lampung ke tingkat nasional di Kota Batu, Malang, Jawa Timur," pujinya.

Tidak hanya itu. Balqis meski kerap mendapatkan dispensasi tidak masuk sekolah, ternyata tidak mengalami kesulitan mengejar ketertinggalannya dalam pelajaran.

Terbukti Balqis, menjadi pelajar penerima Beasiswa Program AFS Pertukaran Pelajar di Negara Jepang, yang rencananya berangkat pada pertengahan 2020.

Selama sekitar satu tahun, dia akan mendapatkan beasiswa full sebagai pelajar Indonesia yang belajar di Negeri Sakura.

"Selain beasiswa ke Jepang, hal membanggakan lainnya di bidang akademik, adalah keberhasilannya lolos sebagai pelajar yang akan mengikuti comparative study ketiga negara pada awal tahun 2020 ini. Yaitu ke Singapura, Malaysia, dan Thailand," paparnya.

Atu Balqis sendiri menyatakan sangat bangga menjadi pelajar di SMAN 2 Bandarlampung. Dia mendapat dukungan dari kepala sekolah, wali kelas, dan guru-guru lainnya.

”Setiap kali tertinggal pelajaran karena aktivitas di luar sekolah, maka dewan guru, terutama wali kelas, Bu Ratri, memberikan bimbingan dan bahan-bahan pelajaran,” ungkapnya.

Kawan-kawannya di kelas, lain kelas, hingga kakak-kakak kelasnya juga selalu membantu dan memberikan solusi terhadap ketertinggalan pelajarannya.

”Dan itu membuat aku mampu mengejar semua pelajaran," paparnya dengan senyum manis yang khas. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID