Kakak Tiri Mustafa Bantu Kumpulkan Uang untuk Dapatkan Rekomendasi PKB
Muhammad Iqbal
Kamis | 25/03/2021 12.30 WIB
Kakak Tiri Mustafa Bantu Kumpulkan Uang untuk Dapatkan Rekomendasi PKB
Sidang lanjutan kasus korupsi Lamteng, Kamis (25/3/2021). Foto: Iqbal

RILIS.ID, Bandarlampung – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Taufiq Ibnugroho menghadirkan tujuh orang saksi dalam sidang lanjutan kasus korupsi Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), dengan terdakwa Mustafa, mantan Bupati Lamteng.

Para saksi yang hadir adalah mantan Ketua DPRD Lamteng Achmad Junaidi Sunardi (Politisi Golkar), serta tiga Wakil Ketua DPRD Lamteng, yakni Natalis Sinaga (PDIP), Raden Zugiri (PDIP), dan Zainuddin (Gerindra). Ketiganya memberikan keterangan secara virtual dari Lapas Bandarlampung, Kamis (25/3/2021).

Lalu ikut dihadirkan mantan Anggota DPRD Lamteng Rusliyanto dan Ria Agusria yang hadir langsung di Pengadilan Negeri Tanjungkarang. Serta Safuddin yang merupakan kakak tiri dari terdakwa Mustafa.

Dalam kesaksiannya Safuddin mengakui dihadapan Ketua Majelis Hakim Efliyanto, bahwa dirinya pernah menyerahkan uang sebesar Rp2 miliar kepada Mustafa. Uang tersebut dia kumpulkan dari sejumlah kerabatnya.

“Saya sempat jual kebun, terus saya minta bantu sama saudara-saudara yang lain. Macem-macem ada yang Rp200 juta itu dari lima orang saudara, dan yang Rp500 juta satu orang, terus saya sendiri punya Rp500 juta,” ujarnya. 

Menurut Safuddin, Mustafa meminjam pada tahun 2017.

“Waktu itu dia (Mustafa) bilang mau maju pemilihan gubernur, dan saya disuruh komunikasi dengan Taufik Rahman. Uang itu nanti digantinya dengan pekerjaan,” tambah Safuddin. 

Sementara Mustafa pun mengakui hal tersebut, dimana uang itu diserahkannya ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), guna meminta dukungan untuk kontestasi Pilgub 2018 lalu.

“Iya Rp2 miliar itu bagian yang saya serahkan ke PKB, untuk rekomendasi Pilgub 2018,” timpal Mustafa. (*)

 

Editor Andry Kurniawan


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID