Kantor Bahasa Lampung Gelar PKB di Lamsel

Minggu | 07/04/2019 18.47 WIB
Kantor Bahasa Lampung Gelar PKB di Lamsel
Kantor Bahasa Lampung Gelar PKB di Lamsel. FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Bandarlampung – Guna menunjang program Gerakan Literasi Nasional (GLN), Kantor Bahasa Lampung melakukan kegiatan Pembinaan Komunitas Baca (PKB) di Lampung Selatan, tepatnya di Balai Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel). 

Kegiatan ini dilaksanakan dua hari, Sabtu dan Minggu (6-7 April 2019) dan merupakan rangkaian kegiatan pembinaan komunitas baca yang dilaksanakan di beberapa  kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Lampung. 

Kepala Kantor Bahasa Lampung, Yanti Riswara mengatakan bahwa kegiatan PKB ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan menulis anggota komunitas baca. 

“Peserta dirangsang untuk dapat menulis kreatif berdasarkan pengetahuan, pengamatan, dan pengalaman mereka. Peserta dapat membaca intensif maupun ekstensif serta berani menuangkan kembali informasi hasil pengalaman dan bacaan dalam bentuk lisan maupun tulisan, " kata dia.

Peserta kegiatan ini diikuti 30 siswa SD yang ada di Desa Pasuruan yang merupakan anak-anak binaan Komunitas Baca Motor Pustaka Roda Andalas yang diketuai oleh Sugeng Hariyono. 

Sugeng Hariyono adalah pelopor perpustakaan keliling sekaligus pegiat literasi di Lampung Selatan yang pernah mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo tahun 2017 lalu.

Sementara Sugeng Hariyono sangat berterima kasih pada Kantor Bahasa Lampung yang telah berkenan melaksanakan kegiatan PKB di desanya. 

Menurutnya,  kegiatan semacam ini memberi tambahan semangat bagi para pegiat literasi seperti dirinya untuk terus bergerak dalam rangka menanamkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca.

Putri Aure Alma Vista, salah seorang peserta kegiatan merasa senang dengan adanya kegiatan ini. Ia menjadi lebih percaya diri untuk menuliskan pengalamannya dalam bentuk karangan singkat dan berani membacakannya di depan teman-temannya.

Ketua panitia kegiatan, Ratih Rahayu berharap setelah mengikuti kegiatan ini anak-anak mampu mengaplikasikan apa yang telah didapat dalam kegiatan sehari-hari serta mau membagikan/menularkan ilmu yang telah diperolehnya kepada teman-temannya.(*)

Editor Adi Pranoto



Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID