Kemenag Lampung Pantau Hilal Awal Syawal di Empat Titik

Selasa | 12/06/2018 17.05 WIB
Kemenag Lampung Pantau Hilal Awal Syawal di Empat Titik
Pemantauan hilal dengan teleskop di Institut Teknologi Sumatera (Itera). FOTO: RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Kementerian Agama (Kemenag) akan melakukan pemantauan hilal (Rukyatul Hilal) untuk penetapan awal Bulan Syawal 1439H/2018M.

Rukyatul Hilal akan dilaksanakan pada Kamis (14/6/2018) mendatang pada 97 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia, salah satunya Provinsi Lampung.

“Untuk di Provinsi Lampung, empat titik pemantauan hilal yakni Pulau Canti Desa Rajabasa, Kalianda dan Kampus Itera Kotabaru Kabupaten Lampung Selatan, lalu di Lemong Kabupaten Lampung Barat, dan Jukun Kabupaten Pesisir Barat," ujar Kasubag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Lampung, Istutiningsih kepada rilislampung.id, Selasa (12/6/2018).

Menurut Istutiningsih pemantauan hilal sendiri akan dilakukan dua tim dari Kemenag Pusat dan dibantu oleh Kanwil Kemenag Lampung.

“Hasil pemantau hilal, akan langsung di serahkan ke Kemenag Pusat, sehingga akan diumumkan pada hari itu juga, "ucap dia.

Proses sidang akan dimulai pukul 16.30 WIB, diawali dengan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1439H. 

Sidang itsbatnya sendiri dijadwalkan ba’da Salat Magrib, setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan. (*) 

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID