Keren! Kapal Tanpa Awak Ciptaan Mahasiswa UTI Bisa Bantu Penanganan Covid-19
Segan Simanjuntak
Kamis | 15/10/2020 14.26 WIB
Keren! Kapal Tanpa Awak Ciptaan Mahasiswa UTI Bisa Bantu Penanganan Covid-19
Inilah kapal tanpa awak karya mahasiswa UTI. FOTO: Instagram @trc_krakatau

RILIS.ID, Bandarlampung – Jumlah kasus Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 di Indonesia terus bertambah setiap harinya. Hal ini membuat tenaga medis kewalahan dalam menangani pasien positif corona.

Untuk membantu penanganan pasien Covid-19, mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) menciptakan kapal tanpa awak (Autonomous Surface Vehicle/ASV) yang diberi sebutan Krakatau Boat A.3.

Krakatau Boat A.3 ini juga bisa berfungsi sebagai kapal ambulans untuk membantu tenaga medis dalam menangani pasien positif corona dari wilayah perairan Indonesia.

Pembuatan kapal ini dipelopori oleh mahasiswa UTI yang terdiri atas Muhammad Desmon Al-Fajri selaku pemimpin tim dan teknisi listrik, Firhan Surya Pradiafta sebagai mekanik, dan Muhammad Saefudin sebagai programmer.

“Pandemi Covid-19 di Indonesia semakin bertambah. Hal ini harus diantisipasi dengan kendaraan yang dapat menuju lokasi yang membutuhkan, salah satunya adalah kapal ambulans,” kata Muhammad Desmon Al-Fajri dalam akun YouTube Teknokrat Roboboat Community yang dilihat Rilislampung, Kamis (15/10/2020).

“Diharapkan dapat membantu tenaga medis dalam menangani penderita Covid-19 di Indonesia,” sambungnya.

Sementara itu, Firhan Surya Pradiafta menuturkan pembuatan kapal nirawak memiliki beberapa tahap. Yang pertama adalah membuat desain kapal lebih dahulu.

“Untuk desain lambung kapal, kami memakai lambung katamaran karena stabil dan memiliki manuver yang baik,” ujarnya.

Krakatau Boat A.3 ini akan ditampilkan dalam Kompetisi Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2020 mewakili Lampung.

Yuk dukung tim Roboboat Universitas Teknokrat Indonesia dalam Kompetisi Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2020 dengan cara sukai, komen dan bagikan video https://youtu.be/s93VcbTy1Ig,” tulis akun Facebook Universitas Teknokrat Indonesia.

Kampus swasta terbaik dengan akreditasi A dan baik sekali itu memohon doa dan dukungan kepada masyarakat Lampung agar Tim Roboboat Universitas Teknokrat Indonesia dapat menjadi juara nasional dan mengharumkan nama baik Lampung di kancah nasional. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID