Kondisi 4 Pasien Positif Corona di Lampung Stabil
Segan Simanjuntak
Minggu | 29/03/2020 22.44 WIB
Kondisi 4 Pasien Positif Corona di Lampung Stabil
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Kalbi Rikardo

RILIS.ID, Bandarlampung – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana menyatakan kondisi empat pasien positif corona berangsur membaik.

Keempat pasien pria asal Bandarlampung itu masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM).

“Kondisi pasien nomor 1 sampai 4, semua stabil,” katanya di Group WhatsApp Covid 19 Provinsi Lampung, Minggu (29/3/2020).

Reihana juga akan melanjutkan tracing (melacak) untuk menelusuri jejak kontak antara pasien 03 dan 04 dengan orang yang berada di sekitarnya.

“Hari Senin (30/3/2020) tracing dilanjutkan lagi menggunakan rapid test yang sudah dibagikan,” ujarnya.

Sebelumnya, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung juga telah melakukan tracing terkait pasien 01 dan 02.

Tracing dari pasien 02 ada 15 orang. Alhamdulilah, hasilnya semua negatif. Begitu juga tracing dari pasien 01,” ucap Reihana.

Diketahui, Lampung terjangkit Covid-19 setelah pasien 01 dinyatakan positif terinfeksi corona pada 18 Maret.

Pasien pria berusia 64 tahun itu tertular virus corona setelah melakukan kontak dengan salah satu pasien positif asal Solo, Jawa Tengah.

"Karena ada batuk-batuk dan sedikit demam. Riwayat kontak pada waktu (acara Persidangan Sinode Tahunan GPIB 2020 di Bogor, pada 26-29 Februari) di Bogor," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana.

Belum genap sebulan, dua pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUDAM dinyatakan positif terinfeksi corona. Pasien 02 dan 03.

Pasien 02 merupakan seorang karyawan swasta yang bekerja di Lampung. Sementara istri dan anaknya tinggal di Jogjakarta. Pasien berusia 35 tahun ini dinyatakan positif corona sepulang dari Jogjakarta.

“Pasien ini positif corona setelah pulang dari Jogjakarta,” ujar Reihana.

Pada hari yang sama, pasien 03 yang merupakan driver online di DKI Jakarta juga dinyatakan positif corona setelah membawa penumpang warga negara asing (WNA) asal Tiongkok.

”Pasien 03 ini memiliki riwayat kontak dengan WNA. Tapi, kami belum telusuri WNA dari negara mana,” kata Reihana.

Pada Jumat (27/3/2020), seorang dokter spesialis di salah satu rumah sakit swasta di Bandarlampung dinyatakan terinfeksi Covid-19.

Pasien berusia 54 tahun asal Bandarlampung ini positif corona setelah mengikuti acara seminar di DKI Jakarta beberapa waktu lalu. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID