Kota Bidik RTH 20 Persen dari Perumahan dan Hibah Warga
lampung@rilis.id
Kamis | 07/03/2019 18.48 WIB
Kota Bidik RTH 20 Persen dari Perumahan dan Hibah Warga
Pemandangan Bandarlampung dari atas yang terlihat kian padat. Tanpa RTH dapat dipastikan kota ini akan terasa pengap. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ El Shinta

RILIS.ID, Bandarlampung – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) akan meningkatkan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Hal ini merujuk Permen PU Nomor 05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan RTH di kawasan perkotaan hingga 20 persen.  

Kepala Disperkim Yustam Effendi melalui Kasi Perencanaan Tata Ruang Joko Sulistio, mengatakan targetnya peningkatan RTH publik sampai 20 persen.

”Dan saat ini RTH kita baru terpenuhi sebesar 11,08 persen atau kuran 8,92 persen lagi,” ujar Joko, Kamis (7/3/2019). 

Menurutnya, RTH publik itu pada prinsipnya disediakan untuk fasilitas umum bagi seluruh masyarakat Kota Bandarlampung dan dikelola pemerintah kota. 

Upaya yang akan dilakukan dengan mensosialisasikan kepada pengembang perumahan untuk menyerahkan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) sesuai dengan siteplan yang diterbitkan. Tepatnya setelah pembangunan perumahan selesai.  

”Begitu diserahkan PSU-nya ke kami, otomatis menjadi aset daerah. Mulai jalan, taman, ruang bermain, sarana olahraga, atau peruntukan lainnya. Dari situlah yang akan menambah jumlah RTH publik,” jelasnya.  

Pihaknya juga berharap agar masyarakat juga turut membantu untuk meningkatkan RTH publik ini. Baik dalam bentuk hibah lahan ke pemerintah atau hal lain yang nantinya lahan itu akan dikembalikan juga ke masyarakat dalam bentuk RTH.

Salah satu warga, Kusminto (35), warga Tanjungkarang Timur, berharap pembuatan RTH bukan sekadar wacana.

"RTH-nya dibuat bagus jadi bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," singkatnya. (*)

 

 

 

 

 

Editor gueade


Tags
#RTH
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID