Lampung dalam Bidikan KPK - RILIS.ID
Lampung dalam Bidikan KPK

Jumat | 02/03/2018 15.49 WIB
Lampung dalam Bidikan KPK
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Sulis Wanto

RILIS.ID, Bandarlampung – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus memantau penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan perizinan di Lampung. Ini dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan agar operasi tangkap tangan (OTT) yang melibatkan Bupati Lampung Tengah non-aktif Mustafa dan anggota DPRD setempat tidak terulang kembali.

Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal menegaskan, kehadiran Koordinator Wilayah Sumatera 2 Supervisi dan Pencegahan KPK RI Adlinsyah Nasution dalam rangka pembinaan dan upaya pencegahan.

“Hal ini merupakan tugas rutin bagi divisi pencegahan wilayah II Sumatera, bukan hanya DPRD, kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota sudah dilaksanakan pada hari Rabu lalu," ujarnya kepada rilislampung.id, Jumat (2/3/2018).

Dalam pendampingan itu, lanjut Dedi, KPK akan mengawal proses pembahasan, penggunaan anggaran, kebijakan, perbaikan sistem, e-planing, e-budgeting, dan pelayanan perizinan.

“Sehingga tidak terjadi pertemuan langsung antara pemohon dengan pemberi izin itu . Tidak terjadi yang namanya gratifikasi atau suap,” tuturnya.

Menurutnya, rapat koordinasi bersama KPK akan dilaksanakan secara rutin setiap dua bulan sekali. Kegiatan itu rencananya juga akan dihadiri ketua KPK dan Mendagri.

“Bahkan sudah dijadwalkan pada bulan April nanti akan ada kegiatan yang lebih besar, dengan menghadirkan pemerintah provinsi, kabupaten serta DPRD provinsi dan kabupaten se-Lampung," terang politisi PDI Perjuangan itu.

Koordinator Wilayah Sumatera 2 Supervisi dan Pencegahan KPK RI Adlinsyah Nasution mengatakan, pihaknya melakukan pertemuan dengan DPRD Lampung sebagai salah satu bentuk pendampingan dan sosialisasi serta supervisi.

“Untuk memonitoring dalam rangka pencegahan tindak pidana korupsi. Kemarin kan melakukan pendampingan kepada eksekutif. Hari ini menyampaikan kepada DPRD, intinya yang disampaikan tadi adalah bagian dari pencegahan,” katanya ditemui usai rapat di ruang komisi DPRD Lampung. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID