Lapak Baca Meriahkan Pengukuhan Bunda Literasi Tanggamus
Adi Yulyandi
Senin | 20/01/2020 19.53 WIB
Lapak Baca Meriahkan Pengukuhan Bunda Literasi Tanggamus
Bunda Literasi Tanggamus Dewi Handajani saat melihat lapak baca di aula Islamic Center, Kotaagung, Senin (20/1/2020). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Adi Yulyandi

RILIS.ID, Tanggamus – Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Muhammad Syarif Bando mengukuhkan Bupati Tanggamus Dewi Handajani sebagai Bunda Literasi periode 2020-2023 di aula Islamic Center Kotaagung, Senin (20/1/2020).

Pengukuhan sekaligus pencanangan Tanggamus sebagai kabupaten literasi tersebut berlangsung meriah lantaran hadirnya lapak baca yang diinisiasi Forum Relawan Literasi Tanggamus.

Ketua Forum Relawan Literasi Tanggamus Roli Perdo mengatakan lapak baca diikuti 18 rumah baca atau komunitas baca yang ada di kabupaten tersebut.

Menurutnya, relawan literasi secara sukarela membuka rumah baca di kediamannya masing-masing yang memiliki kedudukan strategis dalam mengembangkan dan meningkatkan minat baca masyarakat.

“Masyarakat dapat melakukan proses pendidikan non-formal melalui fasilitas yang disediakan dan kegiatan yang diselenggarakan rumah baca,” ujarnya.

Keberadaan rumah baca, lanjut Roli, sebagai sumber belajar di tengah-tengah masyarakat. Diharapkannya, mampu mendorong dan mempercepat terwujudnya masyarakat yang gemar membaca, melek informasi dan meningkatkan daya saing di era kompetitif.

"Dengan dicanangkannya Tanggamus sebagai kabupaten literasi, kami para relawan akan bersedia membantu Bunda Literasi dalam melaksanakan tugasnya,” pungkasnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID