Legal! Kawasan Register di Pesawaran Dikelola 35 Tahun
Darmansyah Kiki
Jumat | 25/09/2020 19.59 WIB
Legal! Kawasan Register di Pesawaran Dikelola 35 Tahun
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyerahkan SK Kulin KK. FOTO: DISKOMINFO PESAWARAN

RILIS.ID, Pesawaran – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, menyerahkan Surat Keputusan Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (SK Kulin KK) kepada kelompok tani hutan (KTH).

Penyerahan SK Kulin KK kepada KTH Cirompang Jaya, Cirompang Lestari, dan Indah Jaya, dilakukan di Desa Bayas Jaya Kecamatan Way Khilau, Pesawaran, Jumat (25/9/2020).

Dendi mengatakan SK tersebut sebagai landasan dan dasar hukum bagi KTH untuk dapat mengelola tanah milik negara di Kabupaten Pesawaran. 

"Sebenarnya telah sejak tiga tahun lalu kami merencanakan untuk membagikan tanah negara seluas 32 ribu hektare di empat register Pesawaran,” paparnya.

Dia bersyukur setelah menunggu lama akhirnya SK Kulin KK selesai melalui Program Perhutanan Sosial (PPS) yang berada di bawah kewenangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Bupati muda ini mengungkapkan, realisasi PPS dilaksanakan secara bertahap dengan melibatkan berbagai stakeholder yang terkait dengan program tersebut. 

Setelah adanya SK dimaksud, KTH memiliki legalitas dalam mengelola tanah di kawasan register. Jangka waktunya selama 35 tahun yang dapat diperpanjang apabila KTH taat PPS. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID