Lokasi MTQ ke-47 Provinsi Lampung Usung Desain Berbahan Bambu - RILIS.ID
Lokasi MTQ ke-47 Provinsi Lampung Usung Desain Berbahan Bambu
Joni Efriadi
Rabu | 24/04/2019 16.35 WIB
Lokasi MTQ ke-47 Provinsi Lampung Usung Desain Berbahan Bambu
FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Tulangbawang Barat – Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dijadwalkan membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-47 tingkat Provinsi Lampung yang dipusatkan di komplek Islamik Center Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), pada 26 April  2019.

MTQ tingkat provinsi yang baru kali pertama diadakan di Tubaba tersebut, rencananya dihadiri Dirjen Bimas Kemenag RI serta dihadiri segenap unsur forkopimda Provinsi Lampung, Bupati dan Walikota se-Provinsi Lampung.

Kabag Kesra Pemkab Tubaba, Mansyur Yusoef menerangkan, salah satu pendukung suksesnya kegiatan MTQ adalah desain dengan konsep instalasi berbahan bambu yang digagas langsung oleh Bupati Umar Ahmad.

“Konsepnya dengan empat konstruksi batang bambu yang terdiri dari lorong, menara, bangunan kafilah dan dome panggung. Untuk lorong mengambil bentuk bubu (alat buat menangkap ikan air tawar) dari bahan bambu sepanjang 200 meter,” ujar Mansur di Sekretariat MTQ, Rabu (24/4/2019).

Selain itu, tambah Mansyur, bubu tersebut melambangkan kondisi eksisting wilayah Tubaba yang banyak genangan air, embung dan dilintasi sungai.

“Bubu tersebut menjadi lorong waktu perjalanan manusia supaya tidak merugi dan tidak mungkin bisa kembali lagi,” beber Mansyur.

Terkait makna menara, lanjutnya, ada sembilan menara yang melambangkan jumlah kecamatan di Tubaba. Dimana lima menara didirikan di lorong waktu sebagaimana pengingat waktu sholat dan empat menara lainnya mengelilingi titik orientasi yang melambangkan arah mata angin utama.

Selanjutnya adalah dome atau mimbar yang berfungsi panggung utama. Dimana domenya mengambil analogi bentuk rebung bambu yang merupakan tunas awal kehidupan di bumi.

“Interiornya dibuat seperti Goa Hira tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama,” ujar Mansyur.

Terpisah, Sekkab Tubaba, Herwan Sahri, sekaligus Ketua Panitia MTQ menuturkan, saat ini kesiapan perhelatan MTQ pada 26 April sampai 27 Mei 2019 sudah mencapai 90 persen.

“Kami siapkan seluruh akomodasi dan transportasi pemondokan khafilah dan mimbar Musabaqoh kita siapkan, dan Insyaallah kami selaku panitia meyakini semuanya 100 persen selesai saat kegiatan nanti,” ungkap sekkab.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID