MA Rekrut Calon Hakim Ad Hoc Pengadilan Tipikor
Segan Simanjuntak
Senin | 05/03/2018 12.13 WIB
MA Rekrut Calon Hakim Ad Hoc Pengadilan Tipikor
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Sulis Wanto

RILIS.ID, Bandarlampung – Mahmakah Agung RI memberikan kesempatan bagi warga negara Indonesia yang ingin berkarir sebagai pengadil koruptor. Rekrutmen calon hakim ad hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi ini resmi dibuka pada hari ini, Senin (5/3/2018).

Penerimaan calon hakim ad hoc Pengadilan Tipikor tingkat pertama dan banding ini dipimpin oleh Artidjo Alkostar sebagai ketua panitia seleksi (Pansel).

Pansel menetapkan sejumlah persyaratan, seperti WNI; bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter; berpendidikan sarjana hukum atau sarjana lain dan berpengalaman di bidang hukum (Hukum Keuangan dan Perbankan, Hukum Administrasi, Hukum Pertanahan, Hukum Pasar Modal dan Hukum Pajak) sekurang-kurangnya 15 tahun.

Kemudian berumur sekurang-kurangnya 40 tahun pada saat pendaftaran; tidak pernah melakukan perbuatan tercela; tidak pernah dipidana karena melakukan kejahatan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap; bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia; jujur, adil, cakap, dan memiliki integritas moral yang tinggi serta reputasi yang baik; serta tidak menjadi pengurus dan anggota partai politik.

Dalam dokumen yang dilansir rilislampung.id di website Mahkamah Agung, seluruh persyaratan administrasi dimasukkan dalam amplop tertutup warna cokelat polos dan diserahkan kepada panitia daerah di Pengadilan Tinggi yang bersangkutan . (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID