Mahasiswa Itera Edukasi Siswa MI Teluk Pandan Ilmu Antariksa

Minggu | 27/01/2019 13.01 WIB
Mahasiswa Itera Edukasi Siswa MI Teluk Pandan Ilmu Antariksa
Siswa-siswi MI Al Falah melakukan kunjungan ke Kampus Itera. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Lampung Selatan – Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Al Falah, Desa Hurun, Dusun Pancur, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran melakukan kunjungan ke Kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Masyarakat (KKN PPM) Itera menjelaskan mengenai keantariksaan oleh anggota Observatorium Astronomi dan Itera Lampung (OAIL) yang dilanjutkan dengan pengamatan langit menggunakan teropong bintang dan games. 

“Ini merupakan salah satu program kerja kelompok KKN PPM Itera yang berlokasi di Desa Hurun untuk berfokus pada pemberdayaan Dusun Pancur, " ujar Bagus Prayogi Pangestu selaku Ketua Kelompok Mahasiswa peserta KKN PPM melalui pers rilisnya kepada media rilislampung.id, Minggu (27/1/2019).

Bagus menceritakan bahwa Dusun Pancur merupakan salah satu dusun di Desa Hurun yang berlokasi di atas bukit berbatasan dengan kawasan Register 19.

Untuk mencapai dusun tersebut dibutuhkan waktu selama kurang lebih satu jam dengan mengendarai sepeda motor melewati beberapa sungai dan jalanan perbukitan yang terjal. 

Di dusun tersebut terdapat 101 kepala keluarga (KK) tanpa adanya fasilitas kesehatan dan hanya mempunyai satu gedung sekolah dasar (SD) dengan empat lokal kelas yang digunakan secara bergantian.

“Selain itu, guru di sekolah tersebut adalah guru sukarela yang merupakan warga sekitar dan alumni sekolah itu," kata Bagus.

Untuk itu mengundang mereka siswa-siswi MI Al Falah atas dukungan berbagai pihak melalui kotak donasi yang dibuka oleh para mahasiswa KKN hingga Februari nanti, OAIL Itera, Jaringan Perempuan Padmarini, Trans Lampung, dan tentunya Perangkat Desa Hurun, Kecamatan Teluk Pandan. 

Sementara itu, Tumbagus Samlawi, Kepala MI Al Falah Teluk Pandan mengatakan sangat berterimakasih sekali sudah diajak ke Itera karena ini pengalaman pertama anak-anak.

"Ini pengalaman baru bagi anak-anak, kami sangat senang,” ujarnya.

Ridwan, salah satu siswa kelas 1 MI Al Falah mengaku senang karena dirinya bisa menggunakan teropong bintang dan jalan-jalan. 

"Kami berjanji untuk  terus belajar agar bisa kuliah di perguruan tinggi," tuturnya. (*)

 

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID