Menag Dukung Bandara Radin Inten II Jadi Embarkasi Haji Penuh - RILIS.ID
Menag Dukung Bandara Radin Inten II Jadi Embarkasi Haji Penuh
lampung@rilis.id
Selasa | 11/08/2020 17.54 WIB
Menag Dukung Bandara Radin Inten II Jadi Embarkasi Haji Penuh
FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Bandarlampung – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mendukung Bandara Radin Inten II, Lampung Selatan sebagai embarkasi haji penuh.

"Di Indonesia waktu tunggu untuk dapat menunaikan ibadah haji adalah 20 tahun," kata Menag saat melakukan kunjungan kerja di Lampung, Selasa (11/8/2020).

Sehingga, lanjut Menag, embarkasi haji penuh harus dipersiapkan secara komprehensif.

"Ada baiknya (embarkasi haji penuh) sedini mungkin sudah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, dengan harapan saat pelaksanaan sudah benar-benar siap," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Fachrul juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung yang mampu menjaga hubungan baik antar-umat beragama, sehingga tercipta kondusivitas.

"Kerukunan antar-umat beragama di Indonesia menjadi contoh bagi dunia, terutama di masa wabah Covid-19, menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi terjalinnya kerukunan umat-beragama, saling tolong menolong tanpa memandang agama," ujarnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengaku telah menyiapkan lahan 200 hektare untuk membangun sarana pendukung embarkasi haji penuh.

"Saya meminta run way selesai di tahun 2021, sehingga calon jamaah haji dapat berangkat langsung dari Lampung," katanya.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim mengatakan bahwa pihaknya intens mempersiapkan Bandara Radin Inten II sebagai embarkasi haji penuh pada tahun depan.

Ia mengungkapkan pembangunan asrama haji dan fasilitas lainnya menggunakan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

"D mana dengan dana tersebut juga telah dibangun tujuh gedung balai nikah dan manasik haji di tujuh kabupaten, dua asrama siswa MAN dan Pusat Layanan Haji Terpadu di Tubaba," ujar Juanda dalam laporannya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID