Meski Belum Ada Kepastian Berangkat, Ratusan CJH Pesawaran Divaksin
kontributor kontributor
Darmansyah Kiki
Kamis, 2021/04/01 15.44

RILIS.ID, TV-Pesawaran; Sebanyak 144 calon jamaah haji (CJH) mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pesawaran, yang berada di Desa Waylayap, Kecamatan Gedongtataan, Rabu (31/3/2021).

Baca: Belum Ada Kepastian Berangkat, Ratusan CJH Pesawaran Tetap Divaksin

Menurut Kepala Kantor Kemenag Pesawaran Wasril Purnawan, meski belum ada keputusan dari pihak Arab Saudi terkait ibadah haji dan umrah, namun dengan vaksinasi para CJH sudah siap diberangkatkan jika sudah ada kepastian.

“Vaksinasi ini merupakan kebijakan Kementerian Kesehatan dan aturan pemerintah terkait vaksinasi CJH. Terutama memastikan kalau ada kebijakan keberangkatan umrah dan haji, maka dipastikan jamaah asal Pesawaran sudah siap karena sudah divaksin,” ungkap Wasril.

Wasril juga menambahkan, Dinas Kesehatan yang memfasilitasi vaksinasi itu menyetujui pelaksanaannya tanpa batas usia.

Sementara itu, menurut koordinator vaksinasi Indra Wahyuni, meski dilakukan tanpa batas usia, namun jika ditemukan ada yang memiliki penyakit bawaan, maka tetap tidak bisa divaksin.

“Maka dari itu, pemeriksaannya cukup ketat. Seperti setelah dari meja pendataan, lanjut untuk screening untuk mengetahui apakah CJH itu layak divaksin atau tidak. Kemudian kita juga wawancara terkait riwayat penyakitnya. Jika memiliki demam, darah tinggi, asma yang akut, dan ibu hamil juga tidak bisa divaksin,” terang Indra Wahyuni. (*) 



Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID