Mesuji Segera Punya Objek Wisata Floating Market - RILIS.ID
Mesuji Segera Punya Objek Wisata Floating Market
Juan Situmeang
Jumat | 03/07/2020 19.48 WIB
Mesuji Segera Punya Objek Wisata Floating Market
Kadisporapar Mesuji, Ronald Nasution SSTP, tinjau embung di Desa Simpangmesuji, calon lokasi floating market, Kamis (2/7/2020). Foto: Humas Pemkab Mesuji

RILIS.ID, MESUJI – Kabar baik bagi warga Kabupaten Mesuji, selain Taman Kehati, akan dibangun wahana baru wisata air. 

Lokasi wisata ada tepat di pusat ekonomi Kabupaten Mesuji yakni di Desa Simpangmesuji, Kecamatan Simpangpematang.

“Jelang new normal ini, kita mendapat bantuan dari pusat untuk membangun sarana wisata air, kita survei lokasinya di embung Desa Simpang Mesuji,” ujar Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mesuji, Jumat (3/7/2020).

Ia mengatakan sebelumnya memang embung di Desa Simpangmesuji menjadi lokus pembangunan wisata air dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Namun progress beberapa waktu lalu terhalang oleh pandemic covid-19. “Waktu itu terpaksa tertunda karena  Covid-19 ini,” katanya.

Akan tetapi kata Ronal, sebagai kesiapan Kabupaten Mesuji dan memasuki zona hijau, maka program ini akan dipetakan kembali. 

“Kita perlu mempersiapkan kemungkinan jika ada perintah dari pusat agar segera dilaksanakan,” katanya.

Selain embung Simpangmesuji, Disporapar juga akan memetakan sekaligus survei di beberapa kecamatan lain. Salah satunya Kecamatan Wayserdang.

“Ada beberapa embung potensial diantaranya yakni di Bukoposo dan Pancawarna,” ungkapnya.

Dengan adanya destinasi wisata di Mesuji diharapkan akan menambah geliat ekonomi warga setempat dan juga dimungkinkan menambahkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Desa Simpangmesuji, Supardi, menyambut antusias program Pemkab Mesuji dengan adanya wisata air di Simpangmesuji.

Supardi mengatakan sejak awal memang pihaknya mengusulkan agar lokasi embung dijadikan obyek wisata. Karena selain tempatnya nyaman juga strategis.

“Tidak jauh dari pintu Tol Simpangpematang. Jadi terjangkau, juga disini pusat keramaian, pasar terbesar di Mesuji,” jelasnya berpromosi.

Konsepnya di area embung tersebut akan dibangun tempat kuliner yang menjorok ke danau seperti floating market. Juga budidaya ikan di embungnya.

Jadi warga selain bisa menikmati suasana danau kecil dengan pepohonan rindang juga melihat budidaya ikan dan menikmati kuliner khas Mesuji.

“Nanti kita lengkapi dengan hotspot gratis di sepanjang area ini, untuk anak-anak muda, supaya betah,” tutupnya. (*)

 

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID