Nekat Mudik Lewat Bakauheni, 18 Pengendara Dipaksa Putar Balik
Agus Pamintaher
Senin | 27/04/2020 20.33 WIB
Nekat Mudik Lewat Bakauheni, 18 Pengendara Dipaksa Putar Balik
Kapolda Lampung Irjend Purwadi Arianto meninjau Pelabuhan Bakauheni, Senin (27/4/2020. FOTO: HUMAS POLRES LAMSEL

RILIS.ID, Lampung Selatan – Polda Lampung memperketat kendaraan yang ingin menyeberang ke Pulau Jawa melalui pintu masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Sebanyak 18 pengendara dipaksa putar balik.

Kapolda lampung Irjend Purwadi Arianto menegaskan langkah itu dilakukan untuk memutus rantai penyebaran corona virus disease (Covid)-19.

Dia berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah sadar setelah diberi penjelasan dan mau balik arah.

”Kami bersama TNI memberikan sosialisasi secara humanis kepada masyarakat maupun pengendara yang masih saja melintas,” tandasnya.

Hal itu terungkap saat rapat Polda bersama jajaran PT ASDP, Dinas Perhubungan, dan BPTJ selaku pengelola jalan tol serta pihak-pihak terkait lainnya, Senin (27/4/2020).

Meski begitu, ada pengeculian. Seperti petugas keamanan dan angkutan logistik. Selain itu, ada kemungkinan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin pulang. Mereka akan dibantu dengan catatan setelah terdaftar langsung pulang ke rumah.

”Bagi TKI, setelah sampai rumah langsung berstatus ODP (orang dalam pemantauan) sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan,” tegas kapolda.

Perwira tinggi dengan dua bintang di pundaknya tersebut berharap, masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan jaga jarak, mengenakan masker, cuci tangan, dan mengindari kerumunan. 

”Kami sudah antisipasi kalau ada orang nekat nebeng truk untuk mudik ke Pulau Jawa. Sampai saat ini belum ditemukan hal-hal seperti ini,” pungkas Purwadi. (*)

 

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID