Ombudsman Terima 14 Laporan Pungutan, Ada Sekolah yang Tahan Ijazah
Dwi Des Saputra
Selasa | 06/04/2021 21.59 WIB
Ombudsman Terima 14 Laporan Pungutan, Ada Sekolah yang Tahan Ijazah
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Lampung, Nur Rakhman Yusuf. FOTO: RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Ombudsman RI Perwakilan Lampung menerima laporan pungutan di 11 SMA dan SMK, dua SMP, dan satu SD. Semuanya sekolah negeri.

Total keseluruhan posko pengaduan yang dibuka sejak 9 sampai 23 Maret 2021 ini mendapatkan 14 laporan pengaduan.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Lampung, Nur Rakhman Yusuf, mengatakan masih mendalami kasus laporan dari para wali murid tersebut.

”Nanti kalau hasil pemeriksaan sudah selesai akan kita sampaikan lagi,” kata Nur Rakhman saat dikonfirmasi, Selasa (6/4/2021).

Dari 14 laporan tersebut, Nur Rakhman tidak menyebut secara rinci nama sekolah dimaksud. Dia beralasan masih dalam tahap penyelesaian secara internal di Ombudsman.

”Kalau masih dalam tahap ini, kita tidak bisa memberikan secara detail, tetapi terkait laporan itu jumlahnya segitu iya benar,” ungkap dia.

Salah satu laporan terkait penahanan ijazah yang dilakukan sekolah. Dia mengklaim ada beberapa yang sudah diselesaikan secara resmi dengan pihak sekolah dengan wali murid.

Ia menerangkan, dari 14 laporan tersebut kasusnya berbeda-beda. Tentu penanganamnya lain pula.

Seperti persoalan pungutan yang diperbolehkan atau tidak oleh pihak sekolah. Ada yang sekolah yang langsung didatangi Ombudsman. Sebagian lagi dipanggil.

”Namun jika siswa termasuk yang mendapat Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda), seharusnya tidak boleh lagi dipungut,” tegasnya. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID