Optimalisasi Pengawasan, Bawaslu Lamsel Kumpulkan Divisi PHL
Agus Pamintaher
Sabtu | 08/02/2020 21.16 WIB
Optimalisasi Pengawasan,  Bawaslu Lamsel Kumpulkan Divisi PHL
Bawaslu Lampung Selatan rapat koordinasi dengan Divisi PHL Panwascam dan staf, jelang pilkada 2020. FOTO:RILISLAMPUNG.ID/Agus Pamintaher

RILIS.ID, Lampung Selatan – Optimalisasi pengawasan selama tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) 2020 di Lampung Selatan (Lamsel) hingga akhir.  

Bawaslu Lamsel menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) internal bersama Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Panwascam Se-Lamsel,  di kantor Bawaslu setempat,  Sabtu (8/2/2020).

Kordiv PHL Bawaslu Lamsel, Iwan Hidayat mengatakan,  rapat bersama Divisi PHL Panwascam dan staf sebagai pemantapan bagi Panwascam dalam melaksanakan tugas dan wewenang di wilayah masing-masing.

Dalam kegiatan tersebut, disampaikan ada tiga peranan penting sebagai pengawas yang secara optimal mesti dijalankan. Tidak semata-mata hanya mengawasi setiap tahapan atau kegiatan selama berlangsungnya pilkada. 

"Peran Pengawas yakni Cegah, Awasi, Tindak atau CAT. Upaya Pencegahan melalui sosialisasi regulasi dan penyampaian himbauan hingga ke masyarakat," kata Iwan Hidayat. 

Iwan menambahkan,  upaya pengawasan ada dua yakni melalui pengawasan langsung terhadap tahapan berjalan dan pengawasan tidak langsung.

"Penindakan atas ruang-ruang pelanggaran yang terjadi, baik dari temuan hasil pengawasan dan atau laporan dari luar pengawas. Itu semua harus dilakukan bersama-sama, bukan hanya satu divisi," pungkasnya. (*) 

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID