Pemilu Damai, Wakapolda Deklarasi Bersama Forkopimda dan Masyarakat Tanggamus
lampung@rilis.id
Senin | 04/03/2019 20.37 WIB
Pemilu Damai, Wakapolda Deklarasi Bersama Forkopimda dan Masyarakat Tanggamus
Wakapolda Lampung saat diskusi dan deklarasi bersama di Aula Islamic Center Kotaagung, Senin (4/3/2019). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Bandarlampung – Wakapolda Lampung Brigjen Teddy Minahasa memimpin deklarasi bersama menjelang Pileg dan Pilpres 17 April di Aula Islamic Center Kotaagung, Tanggamus, Senin (4/2/2019).

Deklarasi bersama melibatkan Forkopimda dan elemen masyarakat Tanggamus ini digelar usai dialog interaktif “Negative Campaign Or Black Campaign” menuju Pemilu Damai.

Diskusi itu menghadirkan Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih, Budiono (Akademisi Unila), dan Karo Ops Polda Lampung Kombes Yosi Haryoso.

Wakapolda mengatakan bahwa Polri terus berupaya semaksimal mungkin untuk menangkal berita bohong alias hoaks.

"Pelaku penyebar hoaks bisa dijerat dengan Pasal 28 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Jadi terkadang masyarakat juga perlu diedukasi, diberi pengetahuan dan wawasan bahwa hal-hal yang begitu (produksi dan penyebaran hoax) itu, ada konsekuensi hukumnya. Tidak dipungkiri, terkadang pelaku melakukan itu karena mereka nggak tahu ada sanksi hukumnya. Itulah pentingnya upaya edukasi," katanya.

Pihaknya juga mengintensifkan patroli siber selama 24 jam setiap hari. Tugas utamanya, kata Wakapolda, adalah menangkal hoaks di dunia maya yang dapat memicu kerusuhan massal dan aksi anarkis.

"Juga meneggakkan hukum pada para pelaku yang memang bisa ditangkap," ujarnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID