Pemkab Lamsel Bangun Agrowisata di Lahan Tidur

Selasa | 07/05/2019 21.04 WIB
Pemkab Lamsel Bangun Agrowisata di Lahan Tidur
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Meizar Melanesia saat pemaparan di ruang rapat Plt. Bupati Lamsel, Selasa (7/5/2019) FOTO: RILISLAMPUNG.ID / M. Amir Syaripudin

RILIS.ID, LAMSEL – Pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) terus bergeliat. Dalam waktu dekat ini, pemkab setempat akan menyulap lahan tidur seluas 20,5 hektare menjadi agrowisata.

Informasi ini disampaikan Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto setelah mendengarkan paparan dari Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Arsyad Husein; Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Meizar Melanesia; serta Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Zailani Bura di ruang Rapat Bupati, Selasa (07/5/2019).

Lahan tidur milik Pemkab Lamsel itu berada di Kelurahan Wayurang, Kecamatan Kalianda tepatnya di berada di belakang Stadion Zainal Abidin Pagaralam atau Stadion Jati. Slama ini, lahan tersebut memang belum termanfaatkan.

Nanang menjelaskan, agrowisata yang akan dibangun nanti diharapkan menjadi ikon tersendiri bagi Lamsel. Rencana pembangunan agrowisata juga merupakan jawaban dengan telah beroperasinya jalan tol.

”Jika kita tidak berani melakukan terobosan, berarti kita tidak bisa menjawab tantangan keberadaan jalan tol. Jika tidak ada hal yang menarik di Lamsel, pengguna jalan tol hanya akan melintas saja, tidak ada keinginan untuk singgah,” jelasnya.

Karenanya, Nanang meminta seluruh instansi ikut andil mewujudkan agrowisata tersebut. Dan tidak menganggap bahwa perwujudannya hanya menjadi tanggung jawab satu instansi saja.

”Ini harus jadi, jangan main-main!” tegas Nanang.

Rencana pembangunan agrowisata tersebut bakal dilakukan bertahap. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung Selatan, Meizar Melanesia menjelaskan, langkah awal yang dilakukan adalah menata lokasi lahan sesuai dengan yang direncanakan.

”Kita akan lakukan land clearing serta memperlebar sungai kecil yang melintas di area yang kita rencanakan untuk Mina Wisata Taman Ikan Way Handak,” jelas Meizar.

Selain itu, imbuh dia, rencananya juga akan dibangun agrowisata buah dan bunga serta bidang peternakan.(*)

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID