Pengumuman: Pulang Kampung, Anda Wajib Lapor!
Agus Pamintaher
Minggu | 29/03/2020 18.35 WIB
Pengumuman: Pulang Kampung, Anda Wajib Lapor!
Ilustrasi Kalbi Rikardo/Rilislampung.id

RILIS.ID, LAMPUNG SELATAN – Pengumuman bagi perantau asal Lampung Selatan (Lamsel). Anda diharuskan lapor ke pamong setempat saat pulang kampung.

Kebijakan ini disampaikan Kapolres Lamsel AKBP Edi Purnomo. Hal ini juga dipesankannya kepada para Bhintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang bertugas di desa-desa agar memantau para pemantau yang pulang ke kampung halamannya.

Edi Purnomo meminta kepada Babinkamtibmas untuk pro aktif dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona (covid-19) di desa-desa tempat mereka bertugas.

Babinkamtibmas diinstruksikannya ikut memantau warga yang pulang kampung dari luar daerah atau baru berpergian dari luar daerah. Hal tersebut terutama bagi warga dari daerah yang merupakan pandemi penyebaran virus covid-19.

”Kita sudah minta kepada anggota Babinkamtibmas untuk membantu pemantauan di desa. Bhabinkamtibmas juga harus berkordinasi dengan pihak desa dan Puskesmas,” instruksinya, Minggu (29/3/2020).

Sementara, Camat Waypanji Isro Abdi juga mengimbau kepada perangkat desa jika ada warga yang dari luar daerah, terutama dari daerah pandemic covid-19, segera berkordinasi dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Puskesmas. Sehingga bisa dilakukan langkah pemantauan dan monitoring kepada warga bersangkutan selama 14 hari.

”Kita bersama-sama melakukan pemantauan seperti itu, dalam upaya mencegah adanya penyebaran virus covid-19. Data warga yang datang dan pergi, sehingga kita mudah dalam mengawasinya,” ujar Isro Abdi.

Kepala Desa Sidomakmur, David Riono mengaku sudah melakukan pendataan terhadap warga yang datang dari kota. Selain itu, penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga dan juga fasilitas umum telah dilakukan sejak beberapa hari terakhir.

”Sesuai dengan anjuran dari Bapak Bupati, Kapolres dan Camat, sudah kita lakukan upaya penyebaran. Seperti aparat desa turun tangan mendata dan memberikan imbauan. Kalau masih nggak percaya dengan imbauan pamong, Pak Bhabinkamtibmas sama Babinsa yang turun tangan,” kata David.(*)

Editor Wirahadikusumah



Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID