Perdana, Pisang Mas Tanggamus Masuki Pasar Ekspor
lampung@rilis.id
Selasa | 24/04/2018 21.59 WIB
Perdana, Pisang Mas Tanggamus Masuki Pasar Ekspor
Pisang Mas asal Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, mulai masuk pasar buah di Tiongkok, Selasa (24/4/2018). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Tanggamus – Sebanyak 61 ton pisang Mas asal Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, untuk kali pertama diekspor ke Tiongkok. Kepala Badan Karantina Pertanian (BKP) Kementerian Pertanian, Banun Harpini, melepas ekspor perdana di Desa Sumbermulyo, Sumberrejo, Tanggamus, Selasa (24/4/2018).

Pisang Mas ini menjadi komoditas unggulan baru yang berhasil memasuki pasar ekspor luar negeri. Sebelumnya, pisang Cavendish telah diekspor ke Korea, Tiongkok, Jepang, dan Timur Tengah, sejak tahun 1993 silam.

Pisang Mas yang diekspor ke Tiongkok tersebut merupakan hasil budidaya 275 petani asal Sumbermulyo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Tanggamus yang tergabung dalam Kelompok Tani Hijau Makmur.

Ketua Kelompok Tani Tani Hijau Makmur, Mudjianto mengatakan, masuknya pisang Mas ke pasar ekspor merupakan hasil usaha ratusan anggotanya.

“Tentunya melakukan sinergi kemitraan dengan PT Great Giant Pinneapple (PT GGP) untuk melakukan budidaya pisang Mas,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (24/4/2018).

Ketua Koperasi Produsen Hijau Makmur, Soleh menambahkan bahwa nilai jual pisang Mas otomatis naik dua kali lipat ketika dijual ke koperasi. Harganya dibanderol sebesar Rp2.500/kg.

Sebelumnya, petani menjual pisang Mas dengan harga Rp1.000/kg untuk pasar domestik. “Dengan perlakuan khusus guna memenuhi persyaratan ekspor, petani bisa mendapat nilai tambah,” ujarnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)

 





2019 | WWW.RILIS.ID