Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2020 Jadi Momentum Evaluasi Kebijakan
lampung@rilis.id
Kamis | 03/12/2020 18.32 WIB
Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2020 Jadi Momentum Evaluasi Kebijakan
Riana Sari Arinal bersama anak-anak penyandang disabilitas memperingati Hari Disabilitas Internasional 2020 di Water Boom Bumi Kedaton, Kamis (3/12/2020). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Bandarlampung – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim atau Nunik mengajak seluruh stakeholder dan instansi pemerintah untuk terus memberikan ruang dan fasilitas kepada para penyandang disabilitas.

Menurut Nunik, momentum Hari Disabilitas Internasional 2020 menjadi pendorong bagi semua pihak, terutama Pemerintah Provinsi Lampung untuk terus memperhatikan para penyandang disabilitas.

"Mari kita lihat kembali sudah seberapa perhatian kita, sejauh mana kebijakan kita kepada para disabilitas. Kita harus memberikan ruang, fasilitas dan semua yang bisa diberikan," katanya saat acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Water Boom Bumi Kedaton, Bandarlampung, Kamis (3/12/2020).

Nunik mengungkapkan Hari Disabilitas Internasional sebagai momentum untuk melakukan evaluasi kebijakan kepada penyandang disabilitas. Termasuk melakukan pemenuhan hak melalui program inklusif dan aksesibel.

"Terutama kita sebagai pemangku kebijakan, apa saja yang telah kita lakukan dalam upaya memberikan hak terhadap penyandang disabilitas," ujarnya.

Selain itu juga membangun sumber daya manusia penyandang disabilitas untuk bisa berkarya memberikan sumbangsih untuk bangsa dan negara.

"Para penyandang disabilitas ini mampu mendobrak segala yang mungkin dianggap menjadi batasan bagi sebagian banyak orang," ucap Nunik.

Pada kesempatan itu, Nunik dan Ketua Umum Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Lampung Riana Sari Arinal menikmati penampilan anak-anak disabilitas sensorik netra Indra Kesuma Bandarlampung.

Mereka membawakan tiga lagu dengan iringan musik tradisional Lampung. Yakni lagu berjudul 3 M ciptaan Riana Sari Arinal, Sai Bumi Ruwa Jurai dan Bumi Lampung.

Kemudian penampilan anak disabilitas yang tergabung dalam Grup Pik Potads Lampung dengan mempersembahkan lagu berjudul Kita Pasti Bisa.

"Syukuri apa yang telah kita punya, dan terkhusus kepada orang tua. Kalian adalah orang tua hebat yang dititipkan oleh Allah SWT dengan anak-anak yang isimewa," ucap Riana.

Diserahkan pula bantuan berupa 15 kursi roda, 10 set kruk ketiak, 40 alat bantu dengar, 13 tongkat tuna netra, tiga kaki palsu, dan bantuan usaha ekonomi produktif. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID