Pesisir Barat Berpotensi sebagai Sentral Garam Beryodium Terbaik

Minggu | 18/11/2018 15.38 WIB
Pesisir Barat Berpotensi sebagai Sentral Garam Beryodium Terbaik
Garam beryodium. FOTO: RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Pesisir Barat tidak hanya memiliki destinasi wisata. Kabupaten pecahan Lampung Barat ini juga berpotensi sebagai sentral garam beryodium terbaik. 

Kepala Bidang Pengelolaan Ruang Laut Dinas Perikanan dan Kelautan Lampung, Chandra Murni, mengatakan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat telah melakukan pengembangan potensi tersebut dengan mendatangkan ahli dari Tegal.

Bahkan masyarakat Pesisir Barat sudah dilatih selama sepekan untuk mengembangkan potensi garam beryodium.

“Uji coba masih menggunakan cara yang sederhana, jadi masih ditambak di darat dan disungkup, masih dengan sistem tradisional,” ujar Chandra.

Menurut dia, kadar yodium yang dihasilkan mencapai sebesar 28 PPM. Meski  idealnya 30 PPM, maka untuk mencapai 30 PPM perlu upaya lebih maksimal dengan perlakuan dan teknologi yang mutakhir.

“Di Pesisir Barat uji coba produksi dilakukan di lima bak, tiap bak seluas 5 x 5 meter persegi. Sebulan, masyarakat bisa produksi 200 kg dengan perlakuan tradisional. Proses tersebut dilakukan sejak April 2018 yang lalu,” paparnya.

Sementara Wakil Bupati Pesisir Barat, Erlina menambahkan bahwa garam beryodium di wilayahnya berkualitas sangat baik. Karena laut di Pesisir Barat tidak pernah tercemar.

“Saat ini nelayan garam di sini telah melakukan 250 kilo gram yodium dalam uji coba, harga sendiri dijual seharga Rp9400 rupiah perkilo gram, " ujarnya.

Erlina menjelaskan bahwa nantinya garam beryodium di Pesisir Barat produksinya akan diperluas. Pihaknya juga akan melakukan investasi garam sebagai pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD).

“Insya allah kedepannya garam yodium di Pesisir Barat sebagai penopang garam nasional. Dan selanjutnya akan di produksi ke luar sebagai kebutuhan garam dapur,” tuturnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID