Petani Pancajaya Berguru Pembibitan Lada Perdu di Umbul Ben
lampung@rilis.id
Rabu | 04/04/2018 17.03 WIB
Petani Pancajaya Berguru Pembibitan Lada Perdu di Umbul Ben
Camat Pancajaya Taufiq Widodo (kanan) memimpin rombongan petani untuk belajar pembibitan lada perdu di Umbul Ben, Wiralaga II, Mesuji, Rabu (4/4/2018). FOTO: IST

RILIS.ID, Mesuji – Camat Pancajaya Kabupaten Mesuji Taufiq Widodo bergerak cepat untuk mewujudkan sentra tanaman lada perdu di wilayahnya.

Taufiq turun langsung bersama 18 petani untuk belajar pembibitan tanaman lada perdu di Dusun Umbul Ben Desa Wiralaga II Kecamatan Mesuji, Rabu (4/4/2018).

“Kegiatan ini merupakan upaya pemberdayaan masyarakat yang bertujuan agar petani memperoleh wawasan tentang cara pembibitan dan bercocok tanam lada perdu,” katanya dalam siaran pers yang diterima rilislampung.id, Rabu (4/4).

Menurut Taufiq, pembibitan dilakukan secara mandiri. Dengan begitu, petani mampu menghemat biaya hingga 90 persen. Pola pemberdayaan ini sudah lama diterapkan salah seorang petani bernama Saring di Umbul Ben.

“Petani ingin menggali berbagai informasi dan pengalaman dari Pak Saring. (Petani) Mereka juga diajarkan teori dan praktik pembibitannya oleh PPL yang memang kami ajak untuk mendampingi. Bahkan tadi kami diberi oleh-oleh berupa bibit secara cuma-cuma oleh Pak Saring,” terangnya.

Gusti, salah satu petani Pancajaya mengatakan bahwa bibit pemberian Saring tersebut akan segera ditanam menggunakan polibag yang sebelumnya sudah disiapkan di desa masing-masing. “Setelah memperoleh wawasan dan bibit, besok pagi kami langsung lakukan pembibitannya. Karena kalau kelamaan takutnya layu dan gagal,” ujarnya. (*)

 

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID