Pilkada Lamtim: Demokrat Menggadang, Golkar Menghadang

Senin | 22/06/2020 11.19 WIB
Pilkada Lamtim: Demokrat Menggadang, Golkar Menghadang
Ilustrasi Kalbi Rikardo/Rilislampung.id

RILIS.ID, LAMPUNG TIMUR – Peta dukungan politik terhadap bakal calon pemilihan kepala daerah (pilkada) di Lampung Timur (Lamtim) berubah. Penyebabnya, DPP Partai Demokrat mencopot Zaiful Bokhari sebagai Ketua DPC partai berlambang mercy itu di kabupaten tersebut.

Diketahui, DPP Partai Demokrat telah menunjuk Yandri Nazir selaku Plt. Ketua DPC Demokrat Lamtim. Pengangkatan Yandri itu sesuai dengan surat bernomor: 04/SK/DPP.PD/DPC/VI/2020 tertanggal 17 Juni 2020.  

Pasca pengangkatan penunjukan Plt. Itu, Yandri digadang-gadang untuk ikut serta dalam kontestasi pilkada Lamtim. Ia bahkan mendapat lampu hijau dari DPD Partai Demokrat Lampung. Terlebih jika ia berpasangan dengan bakal calon yang dikabarkan mendapat dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Golkar Dawam Rahardjo.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPD Partai Demokrat Lampung Levi Tuzaidi mengaku mendukung jika Dawam Raharjo berpasangan dengan Yandri Nazir di Pilkada Lamtim.

”Cocok itu. Partai Demokrat memang mengutamakan kader-kadernya yang punya loyalitas ke partai,” ujarnya kepada Rilisid Lampung, Minggu (21/6/2020).

Namun, ia belum dapat memastikan, apakah Yandri didukung maju sebagai calon bupati atau wakil bupati. Sebab, hal itu harus melihat dinamika yang berkembang.

Menurutnya, Yandri Nazir adalah salah satu kader Partai Demokrat Lampung yang ada sejak partai ini berdiri di Lampung. 

”Pengalamannya juga bagus. Beliau (Yandri Nazir) adalah salah satu kader Partai Demokrat terbaik di Lampung. Pemahaman tentang Lamtim juga bagus, sudah tiga kali mewakili masyarakat di sana duduk di DPRD Lampung. Saya kira, beliau adalah orang yang layak dan mumpuni dalam konteks Lamtim,” nilainya.

Sebelumnya, dorongan kepada Yandri untuk maju dalam Pilkada Lamtim juga disampaikan anggota fraksi Partai Demokrat DPRD Lamtim.

”Itu yang kami harapkan. Ada kader maju,” ujar anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Lamtim Taufik Gani dan diamini rekannya, Mursalin, Jumat (19/6/2020).

Dia juga menyatakan mendukung Yandri Nazir sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPC Demokrat Lamtim.

”Kita semua sudah tahu bahwa Pak Yandri memiliki banyak pengalaman di dunia politik,” imbuh Mursalin.

Namun, niat Partai Demokrat ”menjodohkan” Yandri dengan Dawam sepertinya bakal mendapat hadangan dari Partai Golkar. Sebab, sebelumnya Partai berlambang pohon beringin ini sudah menggadang-gadang kadernya Azwar Hadi untuk berpasangan dengan Dawam.

Sekretaris DPD I Partai Golkar Lampung Ismet Roni membenarkan jika partainya telah mengusulkan pasangan balon kada Dawam Raharjo- Azwar Hadi ke DPP Partai Golkar.

Ia menegaskan, di Pilkada Lamtim, Golkar akan mengulang koalisi saat pilgub Lampung 2018. Yakni Partai Golkar-PKB. 

Selain itu, menurut Ismet Roni, Dawam Raharjo-Azwar Hadi sama-sama memahami wilayah dan masyarakat Lamtim.

”Jadi, Pilkada Lamtim itu koalisi Golkar-PKB. Dawam asli orang Lamtim, Azwar Hadi juga Ketua Partai Golkar Lamtim. Kami kan mau menang juga di Pilkada Lamtim, dan Golkar tentu akan mengusung kader sendiri,” tegasnya.(*)

 

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID