Pilkada Makin Dekat, Bawaslu Pesisir Barat Sambangi Kejari Lambar
lampung@rilis.id
Kamis | 09/01/2020 21.22 WIB
Pilkada Makin Dekat, Bawaslu Pesisir Barat Sambangi Kejari Lambar
Bawaslu Pesibar sambangi Kejari Lambar koordinasi jelang pilkada 2020. FOTO:IST

RILIS.ID, PESISIR BARAT – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menyambangi Kejaksaan Negeri (Kejari) Lampung Barat berkoordinasi terkait persiapan pilkada serentak tahun 2020, Kamis (9/1/2020). 

Pertemuan ini disambut hangat Kajari Lambar Andri Juliansyah, M. Reza Kurniawan Kasi Intel, Wisnu Hamboro Kasipidum serta  Gunawan Wibisono Kasi Barang Bukti. 

Ketua Bawaslu Pesibar Irwansyah mengatakan, koordinasi ini merupakan satu rangkaian dari yang sebelumnya kepada Polres Lampung Barat bahkan besok Jumat (10/01/2020), pihaknya akan berkoordinasi dengan Dandim Lampung Barat.

"Koordinasi ini sangat penting sebagai sarana penyamaan persepsi  antar lembaga, mengingat dalam menangani setiap pelanggaran pidana  pemilihan, peran Kejaksaan sangat dibutuhkan karena sudah dirasakan dalam setiap proses penanganan pelanggaran pada pemilu dan pilgub tahun lalu, " kata dia melalui rilis yang diterima Rilislampung.id.

Kordiv hukum, penindakan pelanggaran dan sengketa Bawaslu Pesibar Abdul Kodrat  menambahkan, pertemuan ini juga membahas terkait persiapan dalam penanganan pelanggaran tindak pidana pemilihan pada pilkada serentak 2020. 

"Karena sesuai tahapan, sekitar bulan Maret nanti kita akan membentuk Tim Sentra Gakkumdu Pilkada," pungkasnya.

Kajari Lambar Andri Juliansyah juga menyampaikan, terima kasih kepada Bawaslu Pesisir Barat dalam pertemuan ini. 

"Saya berharap pertemuan ini juga akan lebih meningkatkan sinergi kita khususnya antar lembaga dalam mengahadapi pilkada kedepan, mengingat waktu penanganan tindak pidana pemilihan sangat singkat, " kata Andri. 

Andri Juliansyah mengaharapkan, agar Bawaslu Pesibar benar-benar memaksimalkan pencegahan diawal, seperti melakukan kegiatan sosialisasi terhadap masyarakat khususnya mengenai politik uang.

Diakhir pertemuan, Kordiv Pencegahan dan Antar Lembaga Heri kiswanto menambahkan, sebagai sarana pencegahan awal, pihaknya telah melakukan kegaiatan-kegiatan roadshow ke setiap kecamatan. 

"Dalam kegiatan itu, kita menyampaikan surat pencegahan kepada ASN, bahkan pada tanggal 28 Desember 2019 lalu Bawaslu Pesibar sudah melaksanakan kegiatan Deklarasi Pekon Anti Politik Uang di pekon Biha Kecamatan Pesisir Selatan,  itu merupakan satu rangkaian dari pencegahan dan sosialisasi Bawaslu Pesibar," tegasnya. (*)

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID