PLN Tak Bisa Pasang Listrik, Dusun Saluy cuma Ada Jalan Setapak

Selasa | 15/05/2018 10.03 WIB
PLN Tak Bisa Pasang Listrik, Dusun Saluy cuma Ada Jalan Setapak
Plh. Deputi Manajer Hukum dan Humas Supervisor PLN Distribusi Lampung, Bernadus Hernawan Rahanto

RILIS.ID, Bandarlampung – PT PLN (Persero) Wilayah Lampung telah melakukan survei ke daerah terisolir Dusun Saluy Kecamatan Telukpandan. Ini sesuai permintaan dari Pemkab Pesawaran, beberapa waktu lalu.

Namun dari hasil survei tersebut PLN belum bisa memasang aliran listrik di Dusun Saluy. Mereka menunggu terlebih dulu pembangunan infrastruktur jalan ke lokasi oleh Pemkab Pesawaran.

Demikian penjelasan Pelaksana harian (Plh.) Deputi Manajer Hukum dan Humas Supervisor PLN Distribusi Lampung, Bernadus Hernawan Rahanto, saat ditemui rilislampung.id di kantor PLN, Senin (14/5/2018).

Menurut Wawan --sapaan akrabnya, PLN tidak dapat menginstalasi listrik jika kondisi jalan tidak memadai. Pihaknya sudah memperkirakan untuk memasang listrik di Dusun Saluy setidaknya butuh tiga tiang listrik.

”Bagaimana mau bawa tiang listrik kalau jalannya tidak memadai. Apalagi harus melewati tiga sungai yang arusnya cukup besar. Yang ada kendaraan kita kepater,” jelasnya.

Perkiraan sementara, Dusun Saluy membutuhkan daya listrik sekitar 29.700 volt ampere (VA). Sebab, di sana ada 33 kepala keluarga (KK) yang diperkirakan satu KK akan mendapat pasokan listrik 900 VA.

”Kalau anggaran pemasangan listrik kita gratiskan. Normalnya sih Rp1.352.000,” bebernya.

Terpisah, Camat Telukpandan, Yuliardi, mengatakan akhir Mei rencananya infrastruktur jalan direalisasikan pada akhir bulan ini.

"Insya Allah memakai dana desa dari pusat. Soal berapa anggarannya, belum bisa dipastikan,” tutupnya.

Dusun Saluy diketahui masuk Desa Tanjungagung. Satu-satunya akses masuk hanya jalan setapak dari tanah liat sepanjang sekitar tiga kilometer yang melintasi tiga sungai. Tak ada listrik di sini selama 60 tahun tempat itu berdiri. Satu-satunya penerangan jika malam tiba hanya obor (baca: 60 Tahun Berdiri, Akses Masuk ke Dusun Saluy Baru Jalan Setapak). (*)


 

Editor Gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)

 





2019 | WWW.RILIS.ID