Polres Tuba Gelar Diskusi Pemilu Damai Tanpa Hoax

Kamis | 31/01/2019 12.39 WIB
Polres Tuba Gelar Diskusi Pemilu Damai Tanpa Hoax
Diskusi publik dengan tema sukseskan Pilpres dan Pileg damai tanpa hoax. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Setya Budi Pramana

RILIS.ID, Tulangbawang – Guna menciptakan Pemilu Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 yang aman damai, Polres Tulangbawang (Tuba) menggelar diskusi publik dengan tema sukseskan Pilpres dan Pileg damai tanpa hoax.

Diskusi menghadirkan enam narasumber dari unsur Bawaslu, KPU, pengamat politik, kepolisian, Kesbangpol dan Dinas Komunikasi Pemkab Tuba.

Serta diikuti peserta dari unsur parpol, ormas, tokoh agama dan tokoh masyarakat, digelar di aula Mapolres Tuba, Kamis (31/1/2019).

Dalam materinya, Dr. Aris Wira Negara sebagai pengamat politik menyampaikan bahwa sejatinya, partai politik dan peserta politik harus mampu memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat sebagai calon pemilih.

Aris menambahkan, penyebaran hoax sangat berpengaruh terhadap integritas pemilu. Peran aktif masyarakat umum dan leading sektor untuk berupaya menangkal dan meminimalisir tentang hoax.

Ketua KPU Tuba Reka Punnata mengatakan para peserta pemilu telah melakukan deklarasi bersama tidak akan melakukan hoax. Memasuki masa kampanye ada potensi penyebaran hoax yang sebarannya melalui media sosial (medsos).

Reka berharap, para peserta pemilu di Kabupaten Tuba tidak melakukan hoax yang dapat merusak tatanan demokrasi. Peserta pemilu diharapkan komitmen untuk tidak kampanye hoax. 

Anggota Bawaslu Tuba Desi Triyana menyebut bahwa penyebaran berita hoax adalah bentuk pelanggaran pemilu yang dapat diproses secara hukum. Bawaslu melakukan pengawasan dan pencegahan terhadap hoax.

Desi menyebut, lembaga memiliki tiga fungsi, yakni fungsi pengawasan, pencegahan dan penindakan. Bawaslu akan menindak tegas bagi siapapun peserta pemilu yang melanggar undang-undang pemilu.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID