Puskesmas Pugungraharjo Sudah Vaksinasi 391 Orang
Nurman Agung
Rabu | 02/06/2021 10.37 WIB
Puskesmas Pugungraharjo Sudah Vaksinasi 391 Orang
Kepala Puskesmas Pugungraharjo Suwarto menyaksikan vaksinasi kepada guru, Rabu (2/6/2021). FOTO: RILISIDLAMPUNG/ Nurman Agung

RILIS.ID, Lampung Timur – Puskesmas Pugungraharjo Kecamatan Sekampungudik, Lampung Timur (Lamtim) terus berupaya menyelesaikan target vaksinasi Covid-19 tahap pertama.

Vaksinasi diberikan kepada aparatur kecamatan, anggota TNI, Polri, dewan guru, tenaga medis, tokoh agama, dan masyarakat. Vaksin yang diberikan adalah Sinovac dan Biofarma.

Kepala Puskesmas Pugungraharjo Suwarto mengatakan, pada tahap pertama ini sebanyak 391 orang telah divaksin.

Saat ini puskesmas masih memvaksinasi sebagian guru SMP dan SD yang belum mendapat jatah.

"Kita berharap secepatnya guru-guru divaksin supaya kegiatan belajar di sekolah juga berjalan baik," kata dia di ruang kerjanya, Rabu (2/6/2021).

Menurutnya, vaksin Biofarma ini berbeda dengan Sinovac. Karena setiap botol vaksin diberikan kepada 10 orang.

Sehingga apabila jumlahnya belum mencukupi 10 orang, maka pihak puskesmas dengan cepat melakukan pencarian calon penerima vaksin.

"Sebenarnya tidak ada penundaan vaksin, tetapi bagaimana setiap botol yang sudah dibuka itu untuk mencukupi 10 orang," ujar Suwarto.

Dia menjelaskan, untuk mempercepat program vaksinasi ini, rencana pihak puskesmas juga memberikan vaksin kepada masyarakat desa yang masuk wilayah kerja puskesmas.

"Bulan depan kami usahakan masyarakat umum sudah mendapat vaksin," jelasnya.

Diketahui Puskesmas Rawat Inap Pugungraharjo mendapat akreditasi utama. Namun, akreditasi ini perlu didorong dengan pembangunan gedung puskesmas yang belum memadai.

"Kalau puskesmas ini sudah akreditasi utama, tapi tentunya ada perubahan dalam hal pembangunan seperti pagar dan beberapa ruangan di puskesmas," harapnya. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID