Ribuan Orang Iringi Pemakaman Mantan Wagub Subki Harun - RILIS.ID
Ribuan Orang Iringi Pemakaman Mantan Wagub Subki Harun
lampung@rilis.id
Sabtu | 11/07/2020 15.52 WIB
Ribuan Orang Iringi Pemakaman Mantan Wagub Subki Harun
Suasana pelepasan jenazah mantan Wagub Lampung Subki E Harun di rumah duka, Sabtu (11/7/2020). FOTO: HUMAS UNIV SABURAI

RILIS.ID, Bandarlampung – Ribuan orang mengiringi kepergian mantan wakil gubernur Lampung dua periode 1980-1990, Subki Ellyas Harun, Sabtu (11/7/2020).

Ketua Pembina Yayasan Universitas Saburai ini meninggal dunia di RSUD Abdul Moeloek (RSUDAM) pada Jumat (10/7/2020) malam karena kanker.

Di rumah duka di Jalan Kaca Piring, Bandarlampung, terlihat Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan mantan wagub Lampung Bachtiar Basri

Prosesi dilakukan dengan penyerahan jenazah dari pihak keluarga ke Pemprov Lampung. Lalu, almarhum disalatkan di Masjid Al Amin Jalan Cendana, Enggal, Bandarlampung.

Setelah itu, jenazah dibawa ke pemakaman keluarga di Jalan Perwira Rajabasa, Bandarlampung. Almarhum disemayamkan di lokasi sama dengan istrinya, Herminah.

Arinal mengatakan Subki merupakan teladan baginya. Seorang birokrat yang meniti karir dari bawah.

“Mari bersama-sama mendoakan almarhum diterima di sisi Allah SWT. Juga, ikuti keteladanannya,” ucap Arinal.

Rektor Universitas Saburai, Henni Kusumastuti, menambahkan almarhum adalah sosok yang mengayomi. Bahkan, terasa seperti ayah baginya.

”Tentunya, kami sivitas akademika Universitas Saburai sangat kehilangan atas kepergiannya,” singkatnya.

Subki menyelesaikan pendidikan sarjana ekonomi di Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia juga sempat bersekolah di Sekolah Pertanian Menengah Atas Bogor dan SMEA Negeri 11 Jakarta.

Subki diketahui merupakan penggagas sejumlah objek vital di Lampung. Antara lain Dermaga Bakaheuni, Stadion Pahoman, GOR Saburai Enggal, Bank Lampung, Universitas Lampung, Islamic Center, dan bypass Bakauheni-Panjang-Natar-Sukarame.

Ia juga pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Sebut saja Sekprov era Gubernur Sutiyoso dan Yasir Hadibroto, anggota DPR RI dua periode: 1992-1997 dan 1997-1999.

Subki pun pernah menjabat Dirut Bank Lampung pada tahun 1966 sampai 1970. Kemudian Komisaris Utama Bank Lampung tahun 2000 sampai 2004. Terakhir, ia menjadi Ketua Pembina Yayasan Universitas Saburai. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID