Ridho: ASN Dukung Calon Wajib Cuti

Senin | 12/02/2018 13.02 WIB
Ridho: ASN Dukung Calon Wajib Cuti
Ridho usai penyerahan SK Pelaksana Tugas (Plt.) kepada empat daerah di ruang utama Gubernur Lampung, Senin (12/2/2018). FOTO: RILIS ID/Bayumi Adinata

RILIS.ID, – BANDARLAMPUNG - Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mewajibkan cuti aparatur sipil negara (ASN) yang mendukung salah satu kandidat dalam pilkada serentak 2018.

Ridho menegaskan hal itu usai penyerahan SK Pelaksana Tugas (Plt.) kepada empat daerah di ruang utama Gubernur Lampung, Senin (12/2/2018).

”Kita ingin ASN netral tidak dukung-mendukung. Fokus melaksanakan tugas di pemerintahan daerah masing-masing. Ini kan sudah jelas dalam peraturan undang-undang,” ungkapnya.

Aturan dimaksud adalah UU No. 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU No. 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No. 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Menjadi UU.

Dalam kesempatan itu ia juga menyatakan pelaksana tugas (Plt.) secara nomenklatur dalam hal administrasi sama dengan kepala daerah. Tetapi hak keuangan tetap wakil kepala daerah dan hak protokolernya ada sebagai kepala daerah. "Gagahnya tetap kepala daerah, tapi begitu buka dompet tetap saja wakil. Tapi perlu saya tegaskan, hak protokoler Plt. itu sama," tegas Ridho.

Diketahui, surat penugasan Plt. Wali kota dan bupati diberikan kepada Wakil Wali Kota Bandarlampung Yusuf Kohar; Wakil Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto; Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari; dan Wakil Bupati Lampung Utara Sri Widodo.

Mereka mengantikan Herman HN (Bandarlampung); Mustafa (Lampung Tengah); Chununia Chalim (Lampung Timur); dan Agung Ilmu Mangkunegara (Lampung Utara). (*)

Editor Gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)

 





2019 | WWW.RILIS.ID