RSUDAU Lambar Siap Tes Swab, tapi Minim Ventilator - RILIS.ID
RSUDAU Lambar Siap Tes Swab, tapi Minim Ventilator
Ari Gunawan
Senin | 06/07/2020 22.13 WIB
RSUDAU Lambar Siap Tes Swab, tapi Minim Ventilator
Hearing Komisi III DPRD Lambar dengan sejumlah OPD di ruang sidang Maghgasana, Senin (6/7/2020). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Ari Gunawan

RILIS.ID, Lampung Barat – Dalam waktu dekat Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) Kabupaten Lampung Barat bisa melayani tes swab. Sekaligus uji laboratorium untuk mendeteksi Corona Virus Disease (Covid)-19. 

Direktur RSUDAU Widyatmoko Kurniawan mengatakan, RSUDAU Lampung Barat (Lambar) sudah memiliki alat tes cepat molekuler (TCM). TCM telah digunakan negara Amerika untuk tes swab.

"Namun pengoperasian TCM untuk swab, perlu alat tambahan. Saat ini kita sudah pesan. Diperkirakan Rabu (8/7/2020, Red) alat tersebut sudah tiba di RSUDAU," kata Widyatmoko saat hearing dengan Komisi III DPRD Lambar, Senin (6/7/2020). 

Dengan demikian, terus dia, tidak perlu lagi mengirim sampel ke laboratorium di Bandarlampung atau bahkan ke Palembang. Terlebih, RSUDAU merupakan rumah sakit rujukan Covid-19.

”Jadi kita bisa melayani dari beberapa daerah terdekat,” tambah Widyatmoko. 

Hanya yang masih menjadi kendala saat ini adalah minimnya ventilator. RSUDAU cuma memiliki empat unit yang ditempatkan di ICU dan NICU. Karenanya, dia mengusulkan tambahan alat bantu pernapasan itu dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID