Sarat Prestasi, Ridho Sampaikan LKPJ AMJ ke DPRD - RILIS.ID
Sarat Prestasi, Ridho Sampaikan LKPJ AMJ ke DPRD
lampung@rilis.id
Selasa | 21/05/2019 19.32 WIB
Sarat Prestasi, Ridho Sampaikan LKPJ AMJ ke DPRD
Gubernur Ridho Ficardo menyampaikan LKPj AMJ kepada DPRD Lampung, Selasa (21/5/2019). FOTO: HUMAS PEMPROV LAMPUNG

RILIS.ID, Bandarlampung – Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban masa akhir jabatan (LKPj AMJ) periode 2014-2019 kepada DPRD setempat, Selasa (21/5/2019).

Ridho mengungkapkan banyak pembangunan infrastruktur dan sederet prestasi yang diraih Pemprov Lampung dalam kurun lima tahun kepemimpinannya bersama Wagub Bachtiar Basri.

“Alhamdulillah, setelah berjalannya waktu, kita saksikan bersama telah banyak capaian pembangunan yang telah dilaksanakan, di antaranya pertanian, industri, pariwisata, pelayanan publik bidang pendidikan dan kesehatan, serta reformasi birokrasi, juga pembangunan yang melibatkan pemerintah pusat maupun daerah," katanya di Ruang Rapat Sidang DPRD Lampung, Selasa (21/5/2019).

“Pada tahun 2019, pemerintah menggalakkan infrastruktur pembangunan Gedung Teropong Bintang tahap I, Perpustakaan Modern tahap II, Bumi Perkemahan Pramuka di Kotabaru, rehabilitasi GOR Saburai, pembangunan masjid ornamen Lampung dan lain-lain," lanjut Ridho.

Atas kinerja tersebut, Pemprov Lampung juga mendapatkan sederet prestasi. Di antaranya penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tahun 2018, opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan pemerintah daerah untuk lima tahun berturut-turut.

Kemudian penghargaan Provinsi Potensial Investasi Terbaik pada ajang Indonesia Attractiveness Award 2018; Gubernur Enterpreneur Award Kategori Pariwisata dari Founder and Chairman Markplus Inc; penghargaan khusus sebagai pemerintah daerah dengan kinerja dan tata kelola baik tahun 2018.

Ridho menjelaskan peringkat dan status kinerja penyelenggaran pemerintahan daerah se-Lampung terus mengalami peningkatan.

Pada tahun 2014 menempati peringkat 20 nasional. Setahun berikutnya di posisi 13 nasional, 2016-2017 masuk 12 besar.

“Saya berharap di periode mendatang prestasi tersebut dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan," ujarnya.

Terkait LKPJ tahun 2018 sendiri, Ridho menyatakan berisikan informasi penyelenggaraan pemerintah daerah yang substansinya mencakup kebijakan pemerintahan daerah dan kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah secara makro.

“Format penyusunan LKPj ini berlandaskan pada PP No. 3 Tahun 2007 dan saran atau pendapat tentang penambahan substansi. Hal tersebut akan segera kami koordinasikan lebih Ianjut ke lembaga pemerintah terkait dan juga perlu adanya pemikiran kita bersama, sehingga penyusunan LKPj di tahun yang akan datang secara substantif telah sesuai dengan ketentuan yang ada, komprehenshif dan akuntabel," paparnya.

Untuk Laporan Pansus DPRD terhadap LKPJ tahun 2018, Dia berharap rekomendasi Pansus DPRD merupakan catatan strategis yang berisikan saran dan koreksi terhadap penyelenggaraan urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan.

“Kami juga ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian, partisipasi dan kerja sama yang terjalin dengan baik selama memimpin Provinsi Lampung, Sai Bumi Ruwa Jurai,” pungkasnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID