Sebanyak 1,911 Calon Jamaah Haji Kota Ikuti Manasik - RILIS.ID
Sebanyak 1,911 Calon Jamaah Haji Kota Ikuti Manasik

Selasa | 18/06/2019 18.49 WIB
Sebanyak 1,911 Calon Jamaah Haji Kota Ikuti Manasik
Asisten I Sukarma Wijaya saat memberikan keterangan pers terkait kegiatan manasik haji di Masjid Agung Al Furqon, Selasa (18/6/2019). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/El Shinta

RILIS.ID, Bandarlampung – Sebanyak 1.911 calon jamaah haji Kota Bandarlampung mendapatkan pembekalan dalam kegiatan manasik haji yang digelar di ruang auditorium Masjid Agung Al-Furqon, Selasa (18/6/2019).

Kepala Kemenag Kota Bandarlampung, Seraden Nihan, mengatakan bahwa untuk total jumlah calon jamaah haji tahun ini berdasarkan hasil akhir pelunasan tahap ketiga berjumlah sebanyak 1.911 orang. Jumlah tersebut sudah termasuk petugas haji daerah, 8 orang dari kota dan 19 orang dari provinsi. 

“Bimbingan manasik massal diawali hari ini, jadi terdapat bimbingan pertama dan kedua. Calon jamaah haji harus ikut tanpa terkecuali,” kata Seraden. 

Seraden menjelaskan, untuk pemetaan berapa jumlah jamaah haji laki-laki dan perempuan dirinya belum dapat menjelaskan.

“Namun memang ada jamaah haji kita yang termuda umur 19 tahun dan tertua umur 93 tahun,” jelasnya. 

Dalam bimbingan tersebut, calon jamaah haji mendapatkan empat materi tentang keperluan haji. Di antaranya kebijakan pemerintah tentang ibadah haji, pelestarian haji mabrur, kesehatan jamaah haji, pembentukan kloter dan keselamatan dalam penerbangan.

"Sedangkan untuk tahapan haji disampaikan oleh kelompok tentang rukun dan sebagainya,” terangnya.

Terkait penanganan terhadap jamaah haji berusia lanjut, Kemenag Kota Bandarlampung menjamin adanya satu orang dokter dan dua petugas kesehatan dalam tiap kloter.

Nantinya, calon jamaah haji mulai memasuki asrama pada 11 Juli dan berangkat ke tanah suci pada tanggal 12 Juli. 

“Mudah-mudahan seluruh jamaah sehat, sehingga ketika menjelang keberangkatan sampai kembali lagi ke tanah air dalam keadaan sehat dan selamat,” tutupmya.

Sementara,  Asisten I Bidang Hukum dan Pemerintahan, Sukarma Wijaya, menyebutkan melalui manasik haji memberikan pembekalan kepada calon jamaah haji. 

“Ya tentunya harapan kita pengetahuan yang belum mereka dapati dan melalui manasik ini betul-betul bermanfaat untuk melakukan rangkaian ibadah haji ditanah suci,” ujarnya. 

Kemudian dirinya mengingatkan kepada pendamping jamaah haji, agar selalu mengawasi jamaah haji terutama untuk jamaah lansia. 

“Dan ini sudah saya ingatkan melalui ketua regu, jamaah haji lansia harus mendapatkan perhatian khusus,” kata dia. 

Selain itu,  Pemerintah Kota juga mengingatkan kepada seluruh calon jamaah haji,  bahwa setelah ini ketika berada di asrama, akan dilakukan pengecekan kesehatan ulang sebelum keberangkatan. 

“Terakhir Pemerintah Kota mengingatkan kepada seluruh calon jamaah haji agar selalu menjaga kesehatan selama perjalan. Menjaga pola makan, berolahraga yang cukup, sehingga nanti dapat mengikuti seluruh proses ibadah haji,” pungkasnya.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID