Sidak ke Penjual Hewan Kurban, Distannak Temukan Kambing Cacat - RILIS.ID
Sidak ke Penjual Hewan Kurban, Distannak Temukan Kambing Cacat

Senin | 05/08/2019 20.59 WIB
Sidak ke Penjual Hewan Kurban, Distannak Temukan Kambing Cacat
Tim Dinas Pertanian Kota Bandarlampung saat sidak ke sejumlah lapak hewan kurban, Senin (5/8/2019).FOTO RILISLAMPUNG.ID/El Shinta

RILIS.ID, BANDARLAMPUNG – Dinas Pertanian dan Peternakan Bandarlampung menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah lapak penjualan hewan kurban di Kota Tapis Berseri, Senin (5/8/2019). Hal ini dilakukan menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah yang jatuh pada 11 Agustus 2019.

Dari hasil sidak yang dilakukan di lapak Jl. Untung Suropati dan di Jl. Sultan Agung samping SPBU Wayhalim, petugas Distannak menemukan salah satu kambing dalam keadaan cacat. Yakni hanya memiliki 1 buah testis dan juga menemukan hewan yang sakit di lapak penjualan hewan kurban di Jl. Untung Suropati.

Kadistannak Pemkot Bandarlampung Agustini mengatakan, dari hasil sidak secara umum hewan kurban yang dijual di lapak penjualan bagus. Namun, ada beberapa hewan yang sakit dan sudah dikarantina.

”Kita juga temukan hewan yang cacat dengan hanya memiliki satu buah testis,” kata Agustini. 

Dia menuturkan, hewan yang sah untuk dijadikan kurban harus sudah satu tahun untuk kambing, sapi dua tahun, dan domba enam bulan, kemudian sudah tanggal gigi.

”Juga tidak boleh cacat seperti yang kita temukan, testisnya cuma satu itu,” jelasnya.

Dia menjamin, ketersedian hewan kurban di Bandarlampung untuk Idul Adha 2019 sudah mencukupi kebutuhan masyarakat.

”Jumlah sapi yang yang ada di lapak-lapak kota Bandarlampung mencapai 2 ribu ekor dan kambing 3 ribu ekor. Jumlah ini kami yakini sangat cukup untuk kebutuhan kurban masyarakat,” yakinnya.

Jumlah ini meningkat dibandingkan kebutuhan hewan kurban pada tahun lalu yang hanya berkisar 1.500 ekor sapi dan 2.000 ekor kambing.(*)

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID