Soal Realokasi Covid-19, Pemkab Lampura Siapkan Rp13 Miliar
lampung@rilis.id
Senin | 20/04/2020 15.58 WIB
Soal Realokasi Covid-19, Pemkab Lampura Siapkan Rp13 Miliar
Wagub Lampung Chusnunia Chalim saat melakukan kunjungan ke Lampung Utara, Senin (20/4/2020). FOTO: IST

RILIS.ID, Lampung Utara – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) meninjau kesiapan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung Utara (Lampura), Senin (20/4/2020).

Pada kesempatan itu, Nunik mengingatkan Pemkab Lampura untuk melakukan realokasi APBD 2020 untuk penanganan virus corona.

Anggaran tersebut untuk memenuhi kebutuhan peralatan medis di RSUD Ryacudu sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan Covid-19. Juga menyediakan alat pelindung diri (APD) dan insentif untuk tenaga medis.

"RS Ryacudu, insyaallah APD-nya juga kita anggarkan melalui realokasi provinsi (Pemprov Lampung). Tapi, realokasi anggaran Kabupaten Lampung Utara juga untuk memenuhi peralatan dan APD RS Ryacudu. Selain itu, juga mohon perhatikan suplemen dan insentif bagi tenaga kesehatannya," kata Nunik.

Wagub meminta Pemkab Lampung Utara dapat bersinergi agar tidak terjadi pem-bully-an dan menghakimi warga yang terinfeksi Covid-19.

"Sampaikan kepada masyarakat agar tidak mengucilkan mereka yang terkena Covid-19, tapi justru harus bersama memberikan semangat," ucapnya.

Sementara Plt. Bupati Lampura Budi Utomo mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengalokasikan anggaran penanganan Covid-19 sekitar Rp13 miliar.

"Kita telah menyiapkan anggaran dana melalui realokasi APBD sekitar Rp13 miliar untuk pembelian APD dan rehab ruang isolasi. Kita juga menyiapkan sejumlah dana desa untuk dikonsentrasikan untuk penanggulangan Covid-19," jelasnya.

Diketahui, Lampura memiliki dua kasus Covid-19. Kemudian 17 orang tanpa gejala (OTG), dua pasien dalam pengawasan (PDP), 101 orang dalam pemantuan atau ODP. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)

 





2019 | WWW.RILIS.ID