Sudin Berharap Konferensi COP25 Atasi Perubahan Iklim Global - RILIS.ID
Sudin Berharap Konferensi COP25 Atasi Perubahan Iklim Global
lampung@rilis.id
Selasa | 10/12/2019 23.30 WIB
Sudin Berharap Konferensi COP25 Atasi Perubahan Iklim Global
Ketua Komisi IV DPR RI Sudin. FOTO: IST

RILIS.ID, Bandarlampung – Ketua Komisi IV DPR Sudin berharap Konferensi COP25 bisa membuahkan hasil nyata dalam pengendalian perubahan iklim di negara-negara berkembang.

Sudin mengaku dirinya telah mengamati agenda tahunan COP25 sejak di Paris, Prancis. Namun, politisi PDIP daerah pemilihan Lampung ini menilai forum tersebut tidak memberikan solusi konkret dari tahun ke tahun.

“Bapak-ibu dari Paris, ke Marakes, ke Polandia ke Bonn, sampai hari ini ke Madrid semua hanya bicara, semua hanya ngomong, tidak ada tindak, tidak ada yang diperbuat,” kata Sudin dalam keterangannya yang diterima Rilislampung.id, Selasa (10/12/2019).

“Saya ikuti dari Paris sampai hari ini apa yang diperbuat semua, selain negara-negara peserta semua datang ngomong pendapat, tapi tidak ada isinya,” lanjutnya saat menjadi pembicara Konferensi COP25 di Feria de Madrid, Madrid, Spanyol, Senin (9/12/2019) waktu setempat.

Sudin juga meminta negara-negara maju untuk bertanggung jawab dalam perubahan iklim global. Ia meminta negara-negara maju untuk mendanai pengembangan kapasitas teknologi (technology capacity building) dalam pengendalian perubahan iklim di negara-negara berkembang.

“Komisi IV menaruh target dan harapan pada COP Madrid ini yaitu kepada negara maju untuk pendanaan technology capacity building, termasuk kepentingan negara Indonesia dan keputusan COP terutama yang diadopsi pada COP26 mendatang,” ujar Ketua DPD PDIP Provinsi Lampung ini.

Sudin juga menyinggung masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia yang membutuhkan penanganan serius dan anggaran besar.

Ia pun mendorong pemerintah untuk meningkatkan anggaran dalam penanganan masalah karhutla.

“Mendorong peningkatan anggaran pemerintah untuk kegiatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan, serta penegakan hukum dalam pemberantasan perusakan hutan, terutama illegal logging,” jelasnya.

Sudin menambahkan bahwa pemanfaatan potensi sumber daya alam telah diamanatkan dalam Pasal 33 ayat (3) UUD 1945 yang berbunyi ‘Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat’.

Juga Undang-Undang No 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan juga mengatur pengelolaan hutan yang lestari.

“Dan menjadikan sebesar-besarnya potensi sumber daya alam hutan untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat,” paparnya.

Di akhir pidatonya, Sudin mengatakan dirinya menaruh harapan besar pada Konferensi COP25 agar menghasilkan solusi nyata dalam perubahan iklim. Ia juga mendukung apapun hasil yang dicapai.

“Kami mendukung sepenuhnya hasil COP25 Madrid dan meminta kepada delegasi Indonesia agar segera bersama menjaga komitmen dengan kedaulatan bangsa dan negara, dengan mendorong hasil COP25 Madrid agar bermanfaat bagi dunia global dalam semangat solidaritas universal,” pungkasnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID