Surat Tugas Partai Demokrat Belum Aman

Rabu | 24/06/2020 15.10 WIB
Surat Tugas Partai Demokrat Belum Aman
Ilustrasi Kalbi Rikardo/Rilislampung.id

RILIS.ID, BANDARLAMPUNG – DPP Partai Demokrat (PD) telah mengeluarkan rekomendasi kepada dua dari delapan daerah di Lampung yang menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada). Masing-masing kepada pasangan calon (paslon) Raden Adipati Surya-Edward Anthony untuk Kabupaten Waykanan dan Dendi Ramadhona-Marzuki di Pesawaran.

Partai berlambang mercy itu juga sudah mengeluarkan surat tugas di tiga daerah. Masing-masing diberikan kepada Yusuf Kohar (Bandarlampung), Arya Lukita (Pesisir Barat), Djohan (Metro).

Dalam surat tugas itu, terdapat lima poin isntruksi dari Partai Demokrat. Pertama, melaksanakan komunikasi politik denagn partai-partai politik sahabat agar segera terpenuhi persyaratan dukungan minimal 20 persen.

Kedua, mencari dan menetapkan calon wakil untuk menjadi pasangan. Lalu ketiga, melaporkan hasil survei terkini dan koalisi parpol yang sudah diperoleh kepada DPP. 

Kemudian keempat, dalam pelaksanaannya DPP Demokrat akan melakukan monitoring dan evaluasi berdasarkan hasil laporan dan survei jika dipandang perlu.

Terakhir, surat tugas tersebut diberikan untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan etika politik Partai Demokrat serta perundangan-undangan yang berlaku.

Jika merujuk kepada lima poin tersebut, maka tiga kandidat yang mendapat surat tugas belum aman untuk diusung Partai Demokrat dalam pilkada di daerahnya masing-masing.

Sebab, dari ketiga calon itu masih ada beberapa poin instruksi yang belum dijalankan. Di antaranya poin kedua yang harus menetapkan calon wakil masing-masing. Hingga sekarang, belum ada dari ketiga calon yang mendapat surat tugas dari Partau Demokrat yang telah mengumumkan pendampingnya.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPD Partai Demokrat Lampung Levi Tuzaidi mengatakan, terkait rekomendasi di enam kabupaten/kota lainnya di luar Pesawaran dan Waykanan masih berproses di DPP Partai Demokrat. Termasuk yang sudah mendapat surat tugas yaitu Bandarlampung, Pesisir Barat dan Metro.

”Ketiga kabupaten/kota itu tinggal menunggu evaluasi terhadap calon dalam melaksanakan surat tugas yang sudah diterimanya. Di dalam surat tugas itu kan salah satu poinnya dikatakan, setelah satu bulan calon terima surat tugas, akan dievaluasi oleh DPP,” ujarnya.

Dijelaskannya, poin lainnya di dalam surat tugas yang diterima calon itu yaitu di antaranya membangun koalisi dan mencari wakil atau pasangannya. 

”Yang terpenting dua poin itu, yakni calon bisa membangun koalisi dan mencari wakil atau pasangannya. Kalau dalam waktu dekat calon yang dapat surat tugas itu bisa menyampaikan ke DPP bahwa sudah membangun koalisi dengan partai apa dan wakilnya siapa, tidak lama rekomnya pasti keluar. Di tiga kabupaten/kota itu kan Demokrat harus berkoalisi,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk rekomendasi di Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan Lampung Timur juga masih berproses dengan melihat dinamika yang ada.

”Kita akan lihat dinamika yang berkembang,” pungkasnya.

Senada disampaikan Sekretaris DPD Partai Demokrat Lampung Imer Darius. Dia mengatakan, rekomendasi calon Partai Demokrat di enam kabupaten/lainnya masih dalam proses. 

”Nanti kalau sudah ada perkembangan kami kabari,” ujarnya singkat.(*)

 

 

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID