Tanggul Waykatibung Jebol, Ratusan Hektare Lahan Sawah Terendam
Agus Pamintaher
Rabu | 08/01/2020 20.24 WIB
Tanggul Waykatibung Jebol, Ratusan Hektare Lahan Sawah Terendam
Ratusan hektar lahan sawah terendam akibat tanggul Waykatibung jebol, Rabu (8/1/2020) dini hari sekira pukul 00.30 WIB. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Agus Pamintaher

RILIS.ID, Lampung Selatan – Tanggul Waykatibung di Desa Sinar Pasemah, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan (Lamsel), jebol, pada Rabu (8/1/2020) dini hari sekira pukul 00.30 WIB.

Safri (58), warga setempat mengatakan, jebolnya tanggul daerah aliran sungai (DAS) Waykatibung akibat hujan deras yang mengguyur sebagian daerah di Kecamatan Candipuro, Sidomulyo dan Waysulan.

"(Rabu, 8 Januari) Dini hari tadi tanggulnya jebol, karena luapan air yang begitu besar. Padahal tanggul baru diperbaiki saat musim kemarau kemarin,” katanya.

Jebolnya tanggul Waykatibung ini memberikan kerugian bagi warga sekitar. Seperti dialami Kastubi (52), yang lahan sawahnya terendam banjir.

Menurutnya, tanggul yang jebol memiliki lebar sekira 30-50 meter. Luapan air dari Waykatibung menjadikan lahan sawah berubah jadi danau.

Sebagian besar petani di Desa Sinar Pasemah, baru saja membajak lahannya dan siap tanam. Namun, sejumlah petani di desa lain sudah memasuki masa tanam.

"Memang petani belum tanam. Tapi padi sudah disemai dan kalau sudah begitu, ya rusak. Biasanya lima hari baru surut, kalau nggak hujan lagi,” kata Kastubi. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID