Tanjakan Suwok Kecamatan Belalau Rusak Parah - RILIS.ID
Tanjakan Suwok Kecamatan Belalau Rusak Parah
Ari Gunawan
Selasa | 30/06/2020 17.25 WIB
Tanjakan Suwok Kecamatan Belalau Rusak Parah
Bahu jalan rusak parah mengakibatkan area perkebunan kopi milik warga ikut terdampak. FOTO: RILIS LAMPUNG/ARI GUNAWAN

RILIS.ID, LAMPUNG BARAT – Sejumlah titik bahu jalan yang ada di Pemangku Waysemangka, Pekon Bedudu Kecamatan Belalau, Lampung Barat (Lambar), tepatnya di teba (Tanjakan) Suwok, rusak parah. Kondisi ini dikeluhkan warga. 

Hendry Afrizal salah satu warga yang mempunyai lahan perkebunan kopi di area tersebut mengeluh. Terlebih, jika hujan lahan perkebunannya ikut merasakan dampak, sebab aliran air masuk ke lahan kopinya.

"Air mengalir masuk ke lahan perkebunan saya, menimbulkan longsor dan merusak tanaman kopi saya. Selain itu, air mengalir membawa material pasir sehingga lahan kopi saya tertimbun pasir, bisa jadi mati semua batang kopi dilahan saya karena tertimbun pasir," ungkap Hendry kepada Rilis Lampung, Selasa (30/6/2020).

Menurut Hendry, sudah kedua kalinya lahan perkebunannya menjadi korban dari rusaknya bahu jalan tersebut. 

Ia juga berharap perhatian pemerintah untuk bisa segera memperbaiki bahu jalan yang rusak. Karena jika dibiarkan dampaknya akan semakin besar.

Alek Sunandar warga setempat juga menambahkan, jika hujan saluran irigasi tidak dapat menampung volume air, sehingga air keluar melintasi jalan dan mengikis bahu jalan tepat diatas perkebunan warga.

"Sekarang bahu jalan di beberapa titik sudah rusak, air dengan meterial pasir dan sampah masuk ke area perkebunan menyebabkan kerugian bagi warga yang memiliki lahan perkebunan kopi di area tersebut," singkat Alek. (*)

 

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID